Mengenali Ciri-Ciri Gejala Tipes

0
64
gejala penyakit tipes
gejala penyakit tipes

Perlu untuk mengenali ciri-ciri gejala tipes supaya nanti bisa segera untuk diatasi sejak dini dan menghindari berbagai macam komplikasi yang membahayakan. Penyakit tipes merupakan jenis penyakit yang terjadi akibat adanya bakteri tertentu masuk dalam tubuh. Untuk cara menularnya penyakit ini adalah lewat minuman, makanan dan air. Biasanya bakteri tipes ini muncul pada lingkungan yang tidak higienis. Selain itu, kebersihan makanan dan minuman yang dikonsumsi tidak steril. Sehinagg penyakit tipes pun terjadi.

Memang penyakit ini sangat mengganggu yang harus beristirahat selama beberapa minggu. Oleh karena itu, pelru mengenali ciri-ciri gejala tipes sejak dini. Adapun ciri-cirinya adalah sebagai berikut:

  • Demam
    Ciri umum tipes adalah demam dengan suhu yang tinggi. Hal ini disebabkan oleh peradangan usus dari bakteri penyakit tipes.
  • Sakit kepala
    Sakit kepala ini disebabkan adanya suatu infeksi yang berpengaruh pada sistem saraf yang menuju otak sehingga menimbulkan pusing. Hal ini perlu untuk segera berisitrahat.
  • Lidah berwarna putih
    Untuk yang terjangkit tipes pasti lidahnya berwarna putih. Bisa dilihat sendiri di cermin. Untuk orang yang normal memiliki warna lidah merah segar.
  • Sakit perut
    Sakit perut yang ada di orang tipes itu menyerang di bagian perut kiri. Biasanya sakit perut ini disertai gejala muntah dan mual.
  • Denyut nadi lemah
    Bakteri penyakit itpes ini akan berpengaruh untuk sistem kinerja jantung. Sehingga membuat penderita denyutan jantung dan nadi melambat dan lemah.
  • Badan lemas
    Bagi yang terserang tipes pasti tubuh terasa tidak nyaman, pegal, nyeri otot sehingga badan menjadi letih, lesu dan lemah. Sehingga susah untuk beraktifitas.
  • Tidak nafsu makan
    Hal ini disebabkan infeksi dari bakteri tipes sehingga menimbulkan gejala tidak nafsu makan. Bakteri tipes menyerang di bagian organ pencernaan.

Mengenali ciri-ciri gejala tipes yang telah dijelaskan di atas, ini berkaitan dengan pola kesehatan yang tidak terjaga. Untuk solusinya bisa menggunkan lifebuoy untuk menjaga kesehatan tubuh. Cuci tangan dahulu sebelum makan dan selalu rajin mandi minimal 2 kali sehari supaya tidak mudah terjangkit bakteri dan kuman yang akan menyerang tubuh.

Leave a Reply