Begini Cara Menggunakan Tetes Mata yang Benar!

0
70

Definisi sederhananya, tetes mata merupakan salah satu media pengobatan yang bisa digunakan untuk mengatasi beberapa problem pada mata. Seperti diantaranya permasalahan infeksi pada mata, mata kering, peradangan, dan lain sebagainya. 

Sayangnya, masih banyak yang belum paham betul akan bagaimana cara memakai obat ini dengan benar. Imbasnya permasalahan pada matanya bukannya malah membaik, malah bisa memperburuk keadaan. 

Mau tahu cara penggunaan obat ini dengan benar? Simak caranya di bawah ini. 

Cara Menggunakan Obat Tetes Mata yang Benar

Berikut cara menggunakan obat tetes mata yang baik dan benar

  • Cuci Tangan Terlebih Dahulu

Pertama, cucilah tangan Anda terlebih dahulu sebelum menggunakan obat tetes yang satu ini. Cuci dengan sabun dan air yang mengalir, atau bisa juga dengan menggunakan produk pembersih tangan yang sudah dipastikan steril. 

  • Membersihkan Area Mata

Sebelum akan diteteskan, sebaiknya bersihkan dulu area mata Anda dengan benar. Jika terdapat lendir atau kotoran pada area mata, bersihkan dengan tisu atau kapas yang bersih. Lakukan secara perlahan sampai area mata Anda sudah bersih sepenuhnya. 

  • Buka Tutup Botol dengan Benar

Pada saat membuka tutup botolnya, pastikan Anda tidak menyentuh pada bagian ujungnya. Sebab hal tersebut akan memungkinkan terjadinya kontaminasi, sehingga obat tetesnya tidak steril lagi. 

  • Ambil Posisi yang Benar

Miringkan kepala Anda ke arah belakang sehingga posisi kepala menjadi sedikit terangkat. Tarik kelopak mata bawah dengan lembut, sehingga menciptakan space yang lebar untuk obat tetesnya, masuk kedalam area kelopak mata bawah Anda. 

  • Teteskan Obatnya

Teteskan obat mata nya sesuai dengan anjuran yang sudah tertera. Sebisa mungkin hindari ujung botolnya agar tidak menyentuh area mata atau kelopak matanya secara langsung. 

  • Tutup Mata Anda

Setelah obatnya diteteskan, tutup mata Anda selama beberapa detik. Hindari mengucek mata karena bisa rentan terkena resiko iritasi. Tutup botol obatnya dengan baik, agar tidak terkena kontaminasi dari luar. 

Begitulah kiranya sedikit pembahasan tentang cara menggunakan obat tetes mata yang baik dan benar. Pastikan Anda memilih produk yang tepat, seperti dari Insto misalnya. Yang sudah teruji akan kualitas serta kredibilitasnya.