Tanda Awal Kehamilan yang Mungkin Tidak Anda Sadari

0
63
tanda awal kehamilan

Untuk pasangan yang baru menjalani pernikahan mungkin tidak menyadari bahwa mereka sudah memasuki awal masa kehamilan. Untuk mengetahui bahwa Anda benar benar hamil adalah dengan cara melakukan tes kehamilan, namun ada juga cara atau ciri tertentu untuk Anda bisa mengetahui tanda awal kehamilan.

Saat memasuki trimester pertama kehamilan, Anda akan merasakan perubahan hormon yang terjadi secara signifikan dan akan menimbulkan banyak gejala dari tubuh. Beberapa gejala umumnya akan terjadi pada minggu minggu pertama kehamilan.

tanda awal kehamilan
Tanda awal kehamilan

Pada umumnya sebagian besar wanita sudah mengetahui beberapa gejala saat memasuki masa awal kehamilan, contohnya seperti mual dan muntah, atau biasa dikenal sebagai morning sickness dan telat haid. Tetapi pada kenyataanya, masih banyak juga wanita yang tidak mengetahui tanda tanda lainnya yang potensial menandakan terjadinya awal kehamilan.

Untuk itu, Anda bisa mengetahui apa saja tanda atau gejala awal kehamilan yang kurang umum diketahui oleh banyak orang, berikut ini ulasannya!

  • Terjadinya mimisan

Mimisan pada Ibu hamil tidak menimbulkan masalah serius, dan bisa ditangani di rumah tanpa harus mengunjungi dokter. Melansir dari Medical News Today, mimisan bisa terjadi pada awal kehamilan karena adanya perubahan hormon yang terjadi di dalam tubuh wanita.

  • Sering berubahnya suasana hati atau mood swing

Banyak wanita yang tidak menyadari bahwa sering terjadinya perubahan suasana hati atau mood swing merupakan tanda awal kehamilan, karena hal itu sering kali tidak disadari dan kurang umum diketahui banyak orang.

Terjadinya mood swing diakibatkan dari perubahan hormon pada minggu pertama memasuki awal kehamilan. Saat memasuki masa kehamilan, wanita akan lebih emosional dari biasanya. Tanda kehamilan ini lebih sering terjadi pada wanita yang baru pertama kali hamil.

  • Merasakan sakit kepala

Meningkatnya kadar estrogen dalam tubuh bisa mengakibatkan wanita hamil mengalami sakit pada bagian kepala, namun stres dan rasa lelah juga bisa mengakibatkan sakit pada bagian kepala.

Saat Anda mengalami gejala ini, sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, sebelum memutuskan untuk menggunakan obat apapun yang dijual bebas untuk meredakan nyeri.

  • Merasa pusing

Rasa pusing terjadi karena adanya penurunan tekanan darah pada saat memasuki masa awal kehamilan, penyebabnya karena pembuluh darah menjadi melebar untuk mensuplai lebih banyak darah ke rahim.

Rasa pusing juga bisa terjadi karena kelelahan, kadar gula darah yang rendah dan mengalami stres, usahakan untuk makan dengan porsi kecil dan teratur, berusaha untuk mengendalikan stres juga bisa membantu Anda untuk meredakan pusing dari tanda hamil tersebut.

  • Munculnya jerawat

Munculnya jerawat bisa menjadi tanda kehamilan pada sebagian wanita, jika Anda memang memiliki jerawat, biasanya pada saat awal kehamilan terjadi, jerawat tersebut akan menjadi lebih buruk.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi tumbuhnya jerawat selama masa kehamilan adalah, sebagai berikut:

  • Mencuci wajah dengan air hangat dua kali sehari atau menggunakan pembersih wajah yang ringan saja.
  • Jangan memecahkan jerawat yang tumbuh agar tidak meninggalkan bekas luka nantinya.
  • Hindari penggunaan kosmetik yang mengandung minyak untuk mencegah timbulnya jerawat baru.
  • Melakukan konsultasi kepada dokter kulit sebelum Anda menggunakan produk apa pun, untuk memastikan bahwa obat yang akan Anda konsumsi aman untuk digunakan selama masa kehamilan.
  • Merasakan hal aneh di bagian mulut

Kondisi itu disebut dengan dysgeusia pada wanita hamil, menurut para ahli, hal itu bisa terjadi karena adanya perubahan hormon yang bisa menyebabkan terjadinya rasa aneh di mulut.

Hal aneh yang dirasa tersebut seperti merasakan adanya kandungan logam atau adanya air liur yang keluar banyak, meskipun hal ini akan dirasa mengganggu dan tidak nyaman, namun pada dasarnya hal ini lazim terjadi, jadi Anda tidak perlu khawatir saat mengalami hal tersebut.