Perlunya Senam Otak Untuk Kesehatan

0
618
senam otak
senam otak

Anda seorang yang sibuk dengan pekerjaan dan aktivitas yang rutin anda lakukan. Aktivitas yang kita lakukan baik secara rutin berupa tugas atau pekerjaan maupun aktivitas yang bersifat temporare kita lakukan semua dikendalikan oleh otak. Otak merupakan pusat kendali manusia dalam melakukan berbagai aktivitas atau kegiatan. Pada saat kita sedang tidur saja otak masih bekerja lho? Otak mengatur semua sistem saraf untuk kembali pulih setelah aktivitas yang membebaninya. Otak juga mengatur sistem pencernaan agar masih tetap mencerna saat kita tertidur walaupun proses mencernanya tidak seperti saat kita terbangun.

Menurut ahli sekitar 20-40 % otak kita masih memproses sistim pencernan saat seseorang tertidur, Bahkan pada hewan seperti ularpun setelah memakan buruannya yang berukuran lebih besar dari ukuran tubuhnya, sang ular langsung tertidur untuk mencerna makanannya dan dalam rangka menyimpan makanan yang telah ia cerna tersebut sebagai cadangan makanan. Mengingat berat beban kerja otak maka selain butuh nutrisi ternyata otak juga butuh asupan untuk membuatnya agar tetap sehat dan mampu menjalankan fungsinya dengan maksimal. Salah satunya yaitu dengan melakukan senam otak.

Hmm nutrisi selain dibutuhkan tubuh juga dibutuhkan otak lho, selain kebutuhan lainnya seperti oksigen, dan air. Supaya otak kita dapat menjalankan fungsinya maka otak kita perlu juga dilatih supaya tetap sehat dan dapat berfungsi dengan baik. Otak kita juga perlu diberi dan dipelihara dengan melakukan senam. Ya, senam otak merupakan aktivitas yang dilakukan untuk melatih otak kita dalam melakukan aktivitasnya, jadi kegiatan senam untuk otak ini berbeda dengan yang dilakukan senam tubuh, guys.

Senam otak dilakukan dengan cara melakukan aktivitas yang dapat meningkatkan fungsi otak, menurut professor Nichimura dari Jepang secara sederhana dapat dilakukan untuk membuat otak kita sehat yaitu dengan mengistirahatkan otak kita saat otak melakukan aktivitas dan kerja kerasnya, tapi bukan istirahat seperti tidur melainkan kita dianjurkan melihat pemandangan alami seperti gunung atau hutan untuk menjadikan otak kita seperti melakukan senam selain itu dapat juga kita memandangi aktivitas ikan dalam aquarium untuk melatih otak kita. Menurut professor Jepang tersebut saat kita memandangi pemandangan alami maka otak akan meresponnya berupa sinyal yang diberikan pada otak berupa suplemen yang menjadikan saraf otak menerimanya dengan suatu sinyal seolah-olah otak kita melakukan senam.