Nutrisi Penting untuk Mendukung Pertumbuhan Anak

0
273
susu anak 2 tahun

Usia anak 2 tahun adalah usia dimana anak-anak mengalami masa tumbuh kembang. Dalam masa tumbuh kembang inilah anak memerlukan asupan nutrisi supaya pertumbuhan dan kecerdasan berjalan lancar. Kurangnya asupan nutrisi pada anak dapat menyebabkan pertumbuhan dan kecerdasan anak terganggu.

Salah satu satupan penting pada anak 2 tahun adalah dengan memberikan asupan susu anak 2 tahun secara rutin pada anak. Selain memberikan asupan susu anak 2 tahun, Bunda juga harus memberikan asupan nutrisi lainnya untuk balita.

Berikut ini adalah 4 nutrisi penting yang sangat dibutuhkan untuk tumbuh kembang anak pada masa pertumbuhan:

Susu anak 2 tahun
  • Karbohidrat

Karbohidrat merupakan sumber energi utama bagi tubuh baik anak-anak maupun dewasa. Agar metabolisme tubuh balita berjalan efektif, Bunda harus memberikan asupan karbohidrat dengan angka kecukupan gizi yang cukup. Sumber karbohidrat ada pada sereal, roti, umbi-umbian, mie, pasta dan sebagainya. 

  • Zat Besi

Fungsi utama dari zat besi adalah membentuk sel-sel darah merah yang dipakai untuk mengangkut oksigen pada seluruh sel-sel tubuh. Adanya zat besi juga bermanfaat supaya tubuh berhasil tumbuh. Sumber zat besi ada pada gandum utuh, daging merah, tuna, sayuran hijau, biji-bijian dan sebagainya.

  • Vitamin D dan Kalsium

Vitamin D dan kalsium sangat baik untuk kesehatan tulang dan gigi. Selain itu, kalsium juga berguna untuk menjaga kesehatan jantung, saraf dan otot. Sumber vitamin D terdapat dalam sinar matahari, tuna, udang, dan sebagainya. Sedangkan sumber kalsium terdapat pada, yogurt, keju dan susu. Jangan sampai tidak memberikan asupan susu anak 2 tahun ya Bunda!

  • Omega-3

Omega-3 sangat dibutuhkan untuk perkembangan otak dan saraf anak di masa pertumbuhan. Sumber omega-3 terdapat pada salmon, biji bunga matahari, minyak ikan dan sebagainya. 

Sebenarnya masih ada 4 nutrisi penting untuk asupan anak 2 tahun, yaitu protein, Vitamin A, Vitamin C, dan serat. Keempat Nutrisi ini akan kami bahas pada tulisan berikutnya ya Bunda! Semoga tulisan ini bermanfaat!