Jurusan Teknik Informatika Pilihan Tepat untuk Jenjang Karir

0
196
jurusan teknik informatika
jurusan teknik informatika

Era globalisasi seperti saat ini, mengharuskan setiap orang memiliki pengetahuan tentang teknologi. Di jaman yang semakin maju, perkembangan teknologi juga semakin canggih. Setiap orang harus mampu mengikuti perkembangan teknologi tersebut agar tidak gagap teknologi atau gaptek. teknologi memiliki peran yang sangat penting dalam menunjang berbagai hal dalam setiap kehidupan. Hadirnya jurusan teknik informatika, dapat memberikan jenjang karir yang menjanjikan di jaman modern sekarang ini.

Teknik informatika bukanlah hal asing lagi bagi semua orang, khususnya para generasi millenial. Program studi teknik informatika mempelajari dan menerapkan prinsip-prinsip ilmu komputer dan analisa matematis untuk desain, pengembangan, pengujian, evaluasi perangkat lunak, sistem operasi dan kerja komputer. Anda akan diajarkan mulai dari menghasilkan ide kreatif, dan bagaimana merealisasikan ide tersebut. 

jurusan teknik informatika
jurusan teknik informatika

Dalam teknik informatika, anda akan berkutat dengan pemrograman (programming), pengembangan perangkat lunak (software), dan teknologi jaringan komputer. Pada dasarnya, anda akan menjadi penerjemah suatu ide yang harus dituangkan dalam bentuk digital menggunakan bahasa pemrograman tertentu. Tentu saja, ketelitian dan keuletan menjadi karakter paling dasar yang harus dimiliki dalam hal ini.  Jenjang karir dan prospek yang bagus dari jurusan ini akan anda peroleh seperti:

1. Programmer

Prospek kerja untuk lulusan teknik informatika di era digital seperti saat ini adalah sebagai programmer. Dengan kemajuan teknologi, banyak perusahaan yang memiliki websiteaplikasi, hingga program komputer namun kekurangan orang untuk mengembangkannya. Dengan latar sebagai lulusan teknik informatika, anda tentu memiliki kemampuan membuat, merawat, hingga mengembangkan berbagai program komputer, aplikasi, dan website. 

2. System Analyst

System analyst adalah profesi yang memiliki tugas menganalisis dan mendesain sistem yang akan digunakan oleh suatu perusahaan atau organisasi. Sistem tersebut tentunya berkaitan dengan sistem jaringan komputer dan piranti lainnya yang berhubungan. Seorang system analyst dituntut untuk memberikan analisis dan mengetahui secara jelas kondisi dan keadaan sistem jaringan di suatu perusahaan. Mulai dari system definition, database, hingga pengecekkan keadaan hardware sistem jaringan tersebut.

3. Network administrator

Prospek kerja lainnya yang bisa kamu pilih setelah lulus adalah menjadi network administratorSeorang network administrator bertugas menjaga keamanan dan kontinuitas jaringan sistem yang digunakan. Kegiatan itu termasuk membuat komputer agar terkoneksi ke internet, membuat email server, FTP serverhingga DNS server. Sebagai seorang network administrator, anda akan mengelola serta menjaga seluruh sistem jaringan yang ada. dengan tugasnya seperti itu, maka jurusan teknik informatika dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Terutama, perusahaan yang memiliki dasar usaha sistem jaringan.

4. Game developer

Sebagai lulusan jurusan teknik informatika, menjadi seorang game developer dapat menjadi pilihan karir anda. Anda dapat membuat dan mengembangkan suatu permainan. Mulai dari membuat rancangan dasarnya, mendesain level permainan, hingga mengaplikasikan sistem-sistem tertentu di dalam permainan. Dengan menguasai berbagai macam operation system (OS), khususnya OS Android dan iOS, anda dapat menjadi seorang game developer. Selain itu, anda bisa terus mengikuti perkembangan video games yang ada untuk membuat dan merancang permainan sesuai dengan kemauan pasar.

5. Konsultan ERP

Konsultan ERP atau Enterprise Resource Planning merupakan profesi yang memberikan jasa konsultasi tentang pengembangan suatu sistem dengan software database tertentu. Sebagai seorang konsultan ERP, anda bisa memberikan solusi agar suatu perusahaan dapat melakukan kegiatannya secara efektif dengan pengeluaran yang lebih kecil.

Bingung menentukan pilihan untuk kuliah dengan jurusan teknik informatika ? IDS adalah pilihan terbaik buat anda. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika dan Komputer Indo Daya Suvana (IDS Digital College) adalah institusi pendidikan ilmu komputer dengan gelar Strata 1 (S1). IDS membantu anda untuk siap menghadapi tantangan karir, bisnis dan pertumbuhan teknologi.