Cara Mengatasi Susah BAB Anak

0
110
susah BAB
susah BAB

Sudah melakukan berbagai cara untuk mengatasi susah buang air besar tapi belum ada hasilnya? Jangan khawatir, di sini kami akan memaparkan informasi seputar cara mengatasi susah BAB yang sulit dan berkepanjangan. Pada dasarnya, permasalahan tersebut bisa diatasi dengan menggunakan cara alami, tanpa obat-obatan.

Si kecil biasanya akan rewel ketika mengalami permasalahan tersebut. Itulah kenapa, sebagai orangtua, Anda harus bisa membantu mereka untuk mengatasinya.

susah BAB
susah BAB

source: https://www.sahabatnestle.co.id/uploads/media/article/0001/05/thumb_4164_article_image_723x480.jpeg

Cara Mencegah Susah BAB

Masalah ini sebenarnya bisa diatasi dengan mudah jika saja orangtua bisa mencegahnya sejak dini. Cara mencegahnya sangat mudah. Anda hanya perlu memberi si kecil asupan makanan dengan kandungan serat yang cukup. Makanan tersebut bisa didapatkan dari buah, sayuran, dan mengonsumsi air putih.

Anda juga bisa memberi mereka makanan dengan kandungan probiotik. Probioti sendiri, merupakan sebuah mikroorganisme hidup yang dapat hidup secara alami di dalam tubuh. Fungsinya yaitu untuk melindungi saluran pencernaan.

Probiotik bisa Anda dapatkan dari susu. Anda bisa memberi si kecil susu Dancow Excelnutri+ yang telah dilengkapi dengan kandungan tersebut. Susu tersebut memiliki kandungan lactobacillus rhamnosus dan bifidobacterium longum. Fungsinya yaitu menjaga saluran pencernaan si kecil.

Jika saluran pencernaan si kecil sehat, tentu mereka tidak akan pernah mengalami yang namanya susah BAB.

Cara Mengatasi

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi sulit BAB pada si kecil. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan si kecil mendapatkan cairan yang cukup. Beri mereka 3 hingga 4 air gelas putih setiap hari.
  2. Tambahkan juga lebih banyak asupan makanan yang mengandung serat di dalam makanan. Serat bisa Anda peroleh dari sayuran, biji-bijian, dan buah-buahan.
  3. Batasi konsumsi minuman soda dan the pada si kecil. Karena, minuman yang memiliki kandungan kafein yang banyak, akan menyebabkan si kecil susah buang air besar.
  4. Jangan memberi makanan junk food pada si kecil ketika mereka sulit BAB. Makanan tersebut dapat memperlambat pencernaan, sehingga, akan memperburuk keadaan.

Nah, demikianlah cara mengatasi susah BAB pada si kecil. Sebelum terjadi masalah tersebut, sebaiknya cegahlah dengan memberi asupan susu kepada si kecil. Pastikan susu memiliki kandungan probiotik.

Meta: Informasi seputar cara mengatasi susah BAB lengkap dengan cara pencegahannya. Bagus untuk menambah wawasan orangtua agar bisa tetap menjaga kesehatan anaknya, khususnya kesehatan pencernaannya.