Ingin Jualan di Instagram? Ini Cara Memulai Bisnis Online yang Bisa Diikuti

0
48

Instagram merupakan salah satu platform media sosial yang populer di Indonesia, bahkan di dunia. Berdasarkan data dari We Are Social di bulan April 2022, pengguna aktif di seluruh dunia mencapai angka 1,45 miliar orang. Instagram memiliki demografi untuk target pasar tertentu. Jika demografinya cocok dengan target pasar bisnismu, maka tidak ada salahnya memulai jualan di Instagram. Berikut ini adalah cara memulai bisnis online di Instagram yang bisa kamu ikuti:

Fokus Pada Satu Bisnis

Beberapa orang ingin mendapatkan keuntungan yang banyak dari beberapa bisnis sekaligus. Jika kamu masih pemula, sebaiknya jangan melakukan hal tersebut. Pilih satu jenis bisnis saja agar bisa fokus mengembangkannya. Pastikan bisnis tersebut sesuai dengan demografi Instagram misalnya usia pengguna, kebiasaan pengguna, dan lain-lain.

Gunakan Foto Produk yang Menarik

Instagram merupakan platform media sosial berbasis foto. Jadi konten berupa foto merupakan hal yang wajib di platform ini. Pastikan menggunakan foto produk yang menarik atau istilahnya estetik agar menarik minat audiens. Kamu bisa mengedit-edit foto agar semakin menarik. Namun jangan berlebihan hingga mengubah spesifikasi produk yang dijual.

cara memulai bisnis online

Kumpulkan Pengikut yang Banyak

Tantangan jualan di Instagram adalah mengumpulkan pengikut yang banyak. Di awal mulai jualan online kamu mungkin akan kesulitan melakukannya. Selain konten berkualitas, kamu bisa menggunakan jasa selebgram untuk menambah pengikut.

Unggah Konten Secara Rutin

Konten yang dimaksud bukan hanya produk yang dijual saja. Namun juga konten-konten lain yang bisa menarik audiens. Contohnya yaitu tips-tips, trivia, dan lain-lain. Konten tersebut tentu saja harus cocok dengan bisnis yang sedang dijalankan.

Gunakan Hashtag dengan Cermat

Instagram memiliki fitur yang dinamakan hashtag. Fitur ini bisa memudahkan pengguna untuk menemukan produk milikmu. Gunakan hashtag secara cermat, jangan semua hashtag dipakai. Pastikan hashtag tersebut sesuai dengan produk yang kamu jual. 

Itulah cara memulai bisnis online di Instagram yang bisa kamu lakukan. Agar bisnis terlihat profesional di mata pelanggan, manfaatkan aplikasi ShopKey. Aplikasi ini menyediakan fitur jualan online yang lebih mudah dan praktis untuk kamu maupun pelanggan. Sebelum menggunakannya, kamu bisa melakukan demo terlebih dahulu di website ShopKey yaitu www.goshopkey.com.