Tips Hemat Bahan Bakar Menggunakan Mobil Mitsubishi Terbaru

0
46

Naiknya harga bahan bakar minyak (BBM) yang cukup tinggi membuat sebagian besar orang kebingungan. Pasalnya dengan kenaikan BBM, maka biaya transportasi yang harus dikeluarkan juga akan semakin banyak. Salah satu solusi untuk tetap hemat meskipun harga BBM naik yaitu dengan menghemat pengeluaran bahan bakar. Bukan jarang-jarang membawa mobil, namun menerapkan gaya mengemudi yang tepat. Berikut ini adalah tips menggunakan mobil Mitsubishi terbaru agar lebih hemat bahan bakar:

Menjaga Putaran Mesin

Torsi yang dianggap paling efisien adalah torsi yang berada di rentang putaran mesin 2000 sampai dengan 3000 rpm. Anda harus tetap menjaga putaran mesin untuk menghemat bahan bakar. Ketika ingin melakukan perpindahan gigi, lakukan di rentang putaran mesin antara 2000 sampai dengan 3000 rpm. 

Putaran mesin yang terlalu tinggi membutuhkan suplai bensin yang lebih banyak. Namun jika putaran mesin terlalu rendah, Anda harus menginjak pedal gas lebih dalam agar bisa melaju cepat.

Hindari Akselerasi dan Pengereman yang Mendadak

Akselerasi yang konstan ternyata membuat suplai bahan bakar juga konstan. Sebaliknya, akselerasi mendadak bisa membuat ECU meminta suplai bensin yang lebih banyak. Sedangkan pengereman mendadak membuat Anda harus menekan gas lebih dalam sehingga membutuhkan lebih banyak suplai bensin.

mobil mitsubishi terbaru

Pilih BBM dengan Oktan yang Tepat

Memang ada mesin mobil yang tetap bekerja dengan baik meskipun menggunakan oktan di bawah rekomendasi pabrik. Akan tetapi mesin dan konsumsi BBM akan jauh lebih baik apabila Anda menggunakan bahan bakar sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Oleh sebab itu, pastikan memilih BBM dengan oktan yang tepat. Jangan memilih BBM murah hanya karena ingin berhemat.

Jaga Tekanan Ban

Bukan hanya cara mengemudi saja, namun Anda juga harus memperhatikan kondisi mobil, salah satunya bagian ban. Pastikan ban terpompa dengan baik. Tekanan ban harus disesuaikan dengan tekanan yang direkomendasikan. 

Jika ban terlalu kempes, maka mobil membutuhkan lebih banyak bahan bakar untuk membuat mobil bisa melaju dengan baik. Namun jika tekanannya berlebihan, kendali mobil bisa kacau. Anda bisa melihat tekanan ban melalui samping kanan jok pengemudi saat pintu dibuka.

Pakai AC Secukupnya

AC atau Air Conditioner merupakan fitur penting pada sebuah mobil. Seperti AC rumah, ternyata AC mobil juga memberikan beban besar pada mesin sehingga bisa membuat konsumsi BBM meningkat. Gunakan AC secukupnya saja, jangan terlalu dingin. Suhu yang direkomendasikan yaitu 24-27 derajat celcius. Buka semua kaca untuk mendinginkan kabin dan mengeluarkan udara panas.

Gunakan Cruise Control di Jalan Tol

Tips hemat bahan bakar terakhir yang bisa Anda lakukan adalah menggunakan cruise control di jalan tol. Cruise control pada mobil adalah teknologi pada mobil terbaru yang memungkinkan mobil memiliki kecepatan mesin stabil tanpa pengendara menginjak pedal gas. Fitur ini akan sangat membantu menghemat bahan bakar. Anda bisa menggunakan fitur cruise control ketika berada di jalan bebas hambatan atau tol.

Itulah pembahasan mengenai tips hemat bahan bakar saat menggunakan mobil Mitsubishi terbaru. Sudah cukup banyak mobil terbaru dari brand ini yang memiliki teknologi cruise control. Beberapa contohnya yaitu Pajero Sport, Eclipse Cross, Outlander PHEV, dan lain sebagainya. Mobil-mobil terbaru tersebut bisa membantu Anda lebih hemat bahan bakar. Jika ingin membeli mobil terbaru dengan teknologi canggih, Anda bisa membelinya di dealer resmi Lautan Berlian. Informasi seputar dealer ada di website www.lautanberlianku.co.id.