Cara Cek Kehamilan yang Harus Diketahui

0
214
cara cek kehamilan
cara cek kehamilan

Menunggu kehamilan adalah masa-masa yang paling dinantikan. Banyak pasangan yang sudah menikah, ingin segera mendapatkan momongan. Seiring dengan perkembangan teknologi yang kian modern, kini cara cek kehamilan bisa dilakukan dengan cara yang sangat mudah. Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan untuk mengetahuinya.

Nah, di sini, kami akan menjelaskan berbagai cara-caranya untuk Anda.

cara cek kehamilan
Cara cek kehamilan

1.  Melalui USG

Mengecek kehamilan dengan menghitung hari terakhir haid, dirasa tidak terlalu akurat. Agar akurat, Anda bisa menggunakan cara USG. Cara ini bisa dilakukan di tempat layanan kesehatan, atau dokter. Cara ini tergolong sangat akurat sekali.

Untuk melakukannya, Anda hanya tinggal mengunjungi dokter terdekat. Dari USG, maka sudah bisa didapatkan hasilnya. Mulai dari usia janin dalam kandungan, dan berbagai informasi lainnya.

2.  Menghitung Kehamilan Berdasarkan Hari Pertama Haid

Cara ini bisa dilakukan tanpa perlu pergi ke dokter, atau alat tertentu. Caranya yaitu hanya dengan menentukan hari terakhir Anda pada saat menstruasi. Wanita akan dinyatakan hamil, jika setelah 40 minggu atau sekitar 280 hari HPHT, atau Hari Perhitungan Haid Terakhir.

HPHT merupakan salah satu metode manual yang sangat akurat dalam menentukan usia kehamilan. Meski demikian, ada kekurangannya. Kekurangannya terletak jika seorang wanita lupa kapan pastinya tanggal hari pertama haid mereka.

3.  Menggunakan Testpack

Alat ini merupakan alat yang paling sering digunakan. Alat ini, mudah digunakan oleh siapa saja. Karena, cara penggunaannya yang sangat sederhana. Hasilnya pun tergolong akurat. Bahkan, testpack sendiri sangat mudah sekali ditemukan, bahkan tersedia di minimarket hingga swalayan.

Namun, testpack tidak dapat mengetahui usia kandungan atau kehamilan Anda. Alat ini hanya bisa digunakan untuk mengetahui kehamilan saja. Untuk mengetahui usia kehamilan, Anda bisa berkunjung ke dokter terdekat.

Cara Termudah untuk Cek Kehamilan

Dari poin-poin diatas, kita bisa memilih mana yang menurut kita mudah dilakukan. Ada dua opsi mudah yang bisa Anda lakukan. Pertama menggunakan metode hari pertama haid terakhir, dan kedua menggunakan testpack.

Kedua cara di atas, adalah cara yang sangat efektif, akurat, dan juga murah. HPHT bisa dilakukan secara manual. Jika Anda masih ingat hari pertama haid terakhir, Anda bisa mengetahui kehamilan dan juga usia kehamilan.

Sedangkan testpack, bisa digunakan di rumah, namun tidak bisa mengetahui usia kehamilan. Meski begitu, kami menyarankan untuk tetap mendatangi dokter untuk melakukan USG.

Kesimpulan

Mengetahui kehamilan kini bukan suatu perkara yang sulit. Kita bisa melakukannya sendiri di rumah. Meski begitu, kita tetap harus cek ke dokter untuk mengetahui kehamilan dan usia kandungan secara akurat.

Nah, itulah beberapa metode cara cek kehamilan dengan mudah dan juga cepat. Anda bisa memilih salah satu metode yang menurut Anda mudah sekali dilakukan dari informasi yang telah kami bagikan di atas.