Bahan Alami untuk Kesehatan Kulit Kepala

0
61
manfaat minyak kelapa untuk rambut
manfaat minyak kelapa untuk rambut

Kulit kepala perlu kamu jaga agar selalu dalam keadaan sehat dan lembab. Untuk menjaganya, kamu memerlukan beberapa produk, baik itu bahan alami atau shampo dan kondisioner. Karena kulit kepala yang kering dapat menjadi penyebab gatal, ketombe, dan rambut rontok.

Untuk bahan alami yang dapat melembabkan kulit kepala ialah minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa untuk rambut salah satunya dapat mencegah kerontokan. 

Bahan Alami untuk Kesehatan Kulit Kepala

Apakah kamu mengalami kulit kepala kering? Jika ya, penyebabnya memang banyak, diantaranya reaksi terhadap perubahan cuaca dan produk perawatan rambut yang kamu gunakan. Kurang minum air putih serta jarang keramas juga menjadi salah satu penyebabnya.

manfaat minyak kelapa untuk rambut

Nah, untuk mengatasi kulit kepala kering ini kamu bisa menggunakan berbagai perawatan alami seperti yang akan diuraikan di bawah ini.

1. Lidah Buaya

Sifat anti radang yang terdapat pada lidah buaya dapat membantu melembabkan kulit kepala yang kering. Selain itu, lidah buaya dapat mengurangi iritasi kulit kepala yang diakibatkan kulit yang kering.

2. Baking Soda dan Minyak Kelapa/Zaitun

Manfaat minyak kelapa untuk rambut yakni melembabkan kulit secara alami. Kemudian, baking soda yang bersifat antijamur serta antibakteri. Campuran keduanya dapat mengatasi kulit kepala kering serta berketombe.

3. Yogurt dan Telur

Kandungan protein dan lemak yang terdapat dalam telur dan yogurt dapat membantu melembabkan kulit kepala kering serta mengelupas. Kombinasi keduanya juga dapat membantu menyehatkan serta melindungi kulit kepala dengan mencegah kerusakan sel kulit.

4. Alpukat

Kandungan asam lemak tak jenuh dalam alpukat dapat membantu melembabkan kulit kepala yang kering. Untuk hasil yang maksimal, kamu dapat melakukan perawatan dari dalam dengan memakan buah alpukat.

5. Masker Pisang

Zat antimikroba yang terdapat dalam pisang dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Untuk pengaplikasiannya, kamu haluskan pisang dengan campuran minyak zaitun, kemudian pijat perlahan kepala kamu dengan bahan masker pisang ini.

Demikianlah bahan alami yang dapat membantu melembabkan kulit kepala yang kering. Bahan alami yang mudah didapatkan ialah minyak kelapa. Manfaat minyak kelapa untuk rambut juga lebih terlihat daripada yang lainnya.