Tips Sebelum Kehamilan

0
44
Alat pengecek kehamilan
Alat pengecek kehamilan

Kehamilan juga perlu direncanakan. Hal ini bertujuan agar anda dapat melakukan persiapkan dengan matang. Selain mempersiapkan alat pengecek kehamilan. Anda juga perlu mengubah kebiasaan pola hidup untuk menjamin diri anda dan janin yang dikandung. Sejatinya bayi yang ada di dalam kandungan membutuhkan lingkungan yang optimal untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangannya. 

Maka ketika anda berencana ingin hamil, sebelumnya lakukanlah hal berikut ini:

1. Capai berat badan normal

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah dapatkan berat badan ideal terlebih dahulu. Karena jika kelebihan berat badan sebelum anda hamil dapat meningkatkan resiko kompilkasi saat kehamilan, seperti tekanan darah tinggi, diabetes dan lain sebagainya. Bahkan kelebihan berat badan dapat meningkatkan resiko janin keguguran. Tidak hanya kelebihan, kekurangan berat badan juga tidak baik untuk kehamilan. Untuk itu terapkan pola hidup sehat untuk memperoleh berat badan ideal.

2. Hindari konsumsi ikan yang mengandung merkuri

Anda juga harus menghindari ikan yang mengandung merkuri seperti makarel, tilefish dan ikan laut lainnya. Hal ini harus dilakukan jauh-jauh hari sebelum kehamilan agar merkuri tidak menumpuk di dalam tubuh. Pasalnya kadar merkuri yang tinggi dapat menyebabkan keracunan dan berbahaya bagi janin yang dikandung.

3. Konsumsi makanan yang mengandung asam folat

Asam folat sangat dibutuhkan ibu selama kehamilan. Hal ini untuk mencegah bayi cacat lahir dan mendukung perkembangan janin di dalam kandungan. Jika anda tidak dapat memenuhinya melalui makanan, anda juga bisa mengkonsumsi suplemen asam folat.

4. Berhenti merokok

Jika anda perokok, cobalah untuk berhenti ketika berencana ingin hamil. Jika suami atau lingkungan sekitar ada yang merokok lebih baik anda menghindarinya. Merokok atau menghirup asap rokok dapat berisiko mengalami kehamilan ektopik, keguguran, bayi lahir prematur dan lain sebaiknya. 

Itulah beberapa hal yang harus dilakukan sebelum merencanakan kehamilan. Gunakanlah alat pengecek kehamilan yang berkualitas dari Femometer yang dapat digunakan secara mudah dan praktis sehingga tidak perlu pergi ke bidan atau dokter.