3 Penyebab Anak Susah Makan dan Cara Mengatasinya

0
126
anak susah makan
anak susah makan

Anak yang susah menyantap makanannya menjadi salah satu masalah yang seringkali dikeluhkan para orangtua. Padahal nutrisi dan gizi yang lengkap sangat penting untuk membantu tumbuh kembang si Kecil. Apabila anak susah makan makan otomatis nutrisi dan gizi yang mereka dapatkan tidak lengkap. Sebenarnya ada beberapa penyebab mengapa si Kecil susah menyantap makanannya. Simak pembahasan berikut untuk mengetahui penyebab dan juga cara mengatasinya:

Menolak untuk Makan

Anak yang menolak untuk makan sering terjadi pada usia pertumbuhannya. Terkadang mereka mau menghabiskan makanan di hari pertama namun menolak untuk makan di hari selanjutnya. Cara mengatasi masalah ini yaitu dengan memberikan pengertian pada si Kecil bahwa makanan tersebut sangat dibutuhkan oleh tubuh. Berikan contoh yang baik dengan bersama-sama mengkonsumsi makanan yang sehat.

anak susah makan
anak susah makan

Pilih-pilih Makanan

Pada awal perkenalan terhadap makanan, si Kecil terkadang menyukai beberapa jenis makanan saja. Hal tersebut menyebabkan mereka hanya mengkonsumsi makanan itu-itu saja sehingga kebutuhan gizi dan nutrisi tidak bisa terpenuhi secara lengkap. Bunda bisa mencoba untuk memperkenalkan makanan baru dengan membuatnya lebih kreatif. Dengan makanan yang menarik, maka si Kecil akan tertarik mencobanya.

Hanya Mau Makanan Cepat Saji

Makanan siap saji tidak hanya disukai oleh orang dewasa saja namun juga disukai oleh anak-anak. Mereka biasanya suka dengan makanan cepat saji yang mengandung gula serta lemak tinggi, seperti kentang goreng, permen, dan lain sebagainya. Cara mengatasi anak susah makan makanan sehat yaitu dengan menghindarkan anak dari makanan cepat saji. Jangan pernah menyimpan makanan cepat saji di rumah dan gantilah dengan makanan sehat seperti yoghurt, buah, jus buah, dan lain sebagainya.

Itulah pembahasan mengenai penyebab anak susah makan beserta cara mengatasinya. Untuk memastikan bahwa si Kecil mendapatkan nutrisi dan gizi yang lengkap, Bunda bisa mencatat makanan serta minuman yang dikonsumsi selama seminggu. Pastikan bahwa asupan protein, karbohidrat, susu, sayur, dan buah didapatkan oleh si Kecil. 

Anda bisa memilih susu Nestle Dancow untuk membantu memenuhi kebutuhan gizi si Kecil. Rasanya yang lezat membuat si Kecil menyukainya. Informasi lebih lengkap mengenai produk Nestle Dancow bisa Anda lihat di website dancow.co.id.