Perjalanan 9 Bulan Masa Mengandung Ibu Hamil

0
232
Prenagen.com

Kehamilan umumnya berlangsung selama sembilan bulan lebih beberapa hari, dalam periode kehamilan ini juga disebut juga trimester yang dibagi menjadi tiga, yaitu trimester pertama, kedua dan ketiga. Selama periode anda anda akan mengalami berbagai macam perubahan fisik dan emosi. Berikut prenagen.com mencoba merangkumkan perjalan 9 bulan tersebut untuk anda:

Prenagen.com
Prenagen.com
  •  Trimester Pertama (1 – 3 bulan masa kehamilan)

Pada bulan pertama secara kasat mata tidak ada perubahan secara fisik, namun sebenarnya tubuh anda mulai memproduksi hormon Human Chorionic Gonadotropin (hCG). Tingkat hCG dapat dideteksi dalam air seni anda, hal ini yang mendasari testpack anda bisa mendeteksi kehamilan. 

Pada fase ini, hormon estrogen meningkat dan mengakibatkan rasa mual yang terus berkelanjutan. Selain itu, produksi hormon progesteron juga akan meningkat, hormon ini mengakibatkan anda akan merasa cepat mengantuk dan lebih sering buang air kecil. Selain itu, sistem pencernaan anda juga akan mengalami penurunan.

Hal ini bertujuan untuk meningkatkan penyerapan nutrisi yang bermanfaat untuk janin. Alhasil, anda mulai merasakan gejala seperti sering mulas, konstipasi, perut kembung, hingga sering buang gas. Pada bulan berikutnya mulai terjadi banyak perubahan, perubahan itu diawali dari kinerja jantung yang terpacu lebih ekstra.

Jantung anda akan banyak memompa darah ke rahim untuk memasok pertumbuhan dan perkembangan janin. Selain itu, aliran darah pada wajah juga ikut meningkat, hal ini mengakibatkan kulit disekitar wajah tampak lebih cerah atau disebut dengan pregnancy glow.

Perubahan emosi juga terjadi pada fase ini, anda akan lebih sering mengalami pasang surut suasana hati, mulai dari mudah cemas, meningkatnya rasa takut, meluapnya kegembiraan dan lainnya.

  •  Trimester kedua (4 – 6 bulan masa kehamilan)

Pada fase ini, volume rahim sudah mulai tampak, meningkat dan membesar seiring perkembangan dan pertumbuhan janin. Pada fase ini, anda akan sering mengalami keluhan  pinggul terasa berat dan sering mengalami sakit di bagian punggung. Dari segi psikologis, anda akan lebih stabil dibandingkan pada saat trimester pertama.

Anda akan lebih mudah mengantuk dan lebih mudah tertidur dibanding pada trimester sebelumnya. Hal ini dikarenakan tubuh anda sudah mulai terbiasa dengan peningkatan hormon-hormon saat kehamilan. Seiring dengan mulai stabilnya suasana hati dan emosi anda, pada periode ini adalah periode yang sangat bagus untuk melakukan perjalanan seperti berwisata dan liburan.

Hal ini dapat menurunkan stress yang anda alami. Seiring dengan menurunnya tingkat stres nutrisi yang akan di transfer ke janin juga akan lebih berkualitas. Pada fase ini juga, anda biasanya mulai mendapatkan tendangan cinta dari sang buah hati.

  •  Trimester kedua (7 – 9 bulan masa kehamilan)

Pada trimester terakhir, volume rahim akan bertambah semakin besar. Penambahan volume ini akan membuat anda sering mengalami sakit dan nyeri di pinggul dan punggung anda. Anda juga akan sering mengalami sesak nafas karena ruang gerak paru-paru juga akan terbatasi.

Sangat disarankan untuk lebih sering buang air kecil pada trimester ini dikarenakan meningkatnya tekanan pada kandung kemih anda. Selama minggu-minggu terakhir sebelum waktu perkiraan kelahiran, anda akan mudah lelah, hal ini sangat wajar dikarenakan anda akan sulit menentukan posisi tidur yang nyaman. 

Pada trimester terakhir ini anda akan sering mengalami kontraksi. Anda mulai terasa bahwa waktu persalinan sudah akan segera tiba. Jadi sangat disarankan untuk lebih sering-sering berkunjung ke dokter spesialis kandungan untuk melakukan kontrol atau sekedar berkonsultasi menyambut kelahiran sang buah hati.

Ketiga fase di atas adalah perjalanan panjang yang akan anda rasakan selama masa kehamilan, jadi untuk menghindari hal-hal seperti kelelahan atau emosi yang berubah-ubah, peran pasangan anda pun juga dibutuhkan untuk terus mendampingi anda.