Penyebab Ruam Anak dan Cara Mengobatinya

0
57
ruam anak

Penyakit ruam pada anak memang sudah umum terjadi, hal ini disebabkan karena kulit anak lebih sensitif bila dibandingkan kulit orang dewasa, selain itu kulit bayi juga masih belum sempurna, dibutuhkan waktu setidak satu tahun agar kuli epidermisnya bisa berkembang dan berfungsi sebagaimana mestinya.

Banyak sekali hal yang bisa mengakibatkan ruam anak diantaranya gigitan serangga, bakteri, virus dan juga alergi. Ada beberapa hal yang bisa membedakan penyebab ruam pada anak seperti apakah ruam yang dialami terasa gatal, nyeri, demam atau ada penyakit lain.

Berikut ini beberapa penyebab ruam pada anak.

ruam anak
Ruam anak
  • Eksim atopik

Eksim termasuk penyakit kulit yang sampai sekarang masih belum ada obatnya. Penyakit ini bisa menyerang apa saja mulai dari bayi, anak-anak sampai orang dewasa. Biasanya ditandai dengan adanya bercak merah yang ada pada kulit yang terasa kering dan sangat gatal. 

  • Biang keringat

Biang keringat bisa timbul karena tersumbatnya kelenjar keringat. Kondisi ini bisa menimbulkan gejala berupa munculnya ruam anak seperti jerawat yang ada di kulit, leher, kepala dan juga bahu, bagian inilah yang sering diserang  biang keringat. Cara mengatasinya bisa menggunakan pakaian yang longgar dan berbahan katun hal ini dilakukan agar keringat bisa diserap oleh pakaian dan kulit tidak lembab. 

  • Kurap

Penyakit kurap terjadi karena adanya infeksi jamur yang menyebar melalui sentuhan langsung antara kulit atau bisa juga melalui barang-barang pribadi milik penderita penyakit ini. Kurap bisa ditandai dengan munculnya bercak merah di kulit dengan adanya tepi merah seperti cincin selain itu permukaanya kasar dan bersisik. Penyakit kurap ini biasanya akan terasa sangat gatal hal ini disebabkan oleh jamur.

  • Biduran 

Penyakit ini bisa muncul karena adanya alergi pada kulit yang disebabkan banyak hal antara lain, makanan baik itu telur, kacang, atau makanan laut selain itu bisa juga dari obat-obatan, dan udara yang dingin atau panas. Ketika mengalami penyakit biduran ini kulit anak biasanya mengalami bentol-bentol dengan ukuran yang lebar dan akan timbul bercak merah dengan rasa yang gatal. 

  • Dermatitis kontak

Biasa disebut juga dengan eksim merupakan kelainan kulit yang disebabkan oleh alergi, yang bisa dipengaruhi oleh faktor genetik atau keturunan dari orang tua. Penyakit ini muncul ditandai dengan bercak merah bertekstur kering dan gatal. Seiring berjalannya waktu dapat menebal dan akan timbul luka akibat garukan. pada umumnya sakit ini muncul karena makanan dan minuman seperti makanan laut, susu sapi, telur dan juga kacang. Sakit ini bisa diobati dengan krim dan obat yang bisa diminum tentunya dengan resep dari dokter

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi ruam pada anak. Sebelum mengobati ruam anak lebih baik orang tua mengetahui jenis bintik merah yang ada pada anak, karena itu akan menentukan bagaimana cara yang akan dilakukan untuk mengatasinya. Oleh sebab itu setiap orang tua harus dan wajib mempunyai pengetahuan tentang penyakit ini sebagai salah satu referensi untuk mencari informasi seputar kesehatan anak bisa mengunjungi di nutriciaprofessional.id

Perlu diperhatikan jika ruam atau bercak merah pada kulit ini terlihat mencurigakan disertai gejala lainnya yang nampak mencurigakan, lebih baik segera bawa anak  ke dokter. Agar sakitnya bisa segera diketahui dengan cepat dan akurat, ditangani secara profesional menggunakan obat yang sesuai pula.