Pentingnya Social Media Campaign Untuk Sebuah Bisnis

0
42
social media campaign
social media campaign

Pemasaran digital atau digital marketing menjadi jenis pemasaran paling efektif di era digital ini. Ada beberapa jenis digital marketing yang bisa dijalankan untuk bisnis Anda, salah satunya yaitu social media marketing. Dalam menjalankan pemasaran media sosial Anda harus membuat campaign yang tepat. Social media campaign sangat penting dalam membangu awareness maupun meningkatkan penjualan.

Manfaat Kampanye Media Sosial

Berikut ini manfaat kampanye media sosial yang membuatnya penting untuk sebuah bisnis:

  1. Jangkauan konsumen lebih banyak

Pengguna media sosial adalah pengguna internet yang paling banyak, khususnya di Indonesia. Alasan itulah yang menjadikan social media marketing sangat penting untuk dijalankan. Apabila penggunanya banyak maka kesempatan mendapatkan audiens lebih tinggi. Anda juga bisa mendapatkan konsumen dari berbagai wilayah tanpa batasan.

social media campaign
  1. Menjadi strategi pemasaran yang efektif dan efisien

Sebagian besar orang menggunakan media sosial untuk mencari informasi ataupun hiburan. Sangat sedikit yang menggunakannya untuk kebutuhan produktivitas. Kesempatan tersebut membuat peluang audiens mau melihat konten Anda menjadi lebih besar.

  1. Targeted marketing

Setiap bisnis memiliki target market atau pasarnya masing-masing. Media sosial termasuk platform yang bisa digunakan untuk pemasaran tertarget. Anda bisa memilih segmen pasar misalnya berdasarkan hobi, usia, gender, dan lain sebagainya. Dengan begitu kampanye yang dilakukan akan lebih efektif. 

  1. Lebih terukur dan terkontrol

Tidak hanya tertaget saja, kampanye media sosial juga terukur dan terkontrol. Artinya keberhasilan pemasaran yang Anda lakukan lebih mudah diukur dan dikontrol. Cara pengukurannya bisa melalui engagement, followers, impression, dan lain sebagainya.

  1. Sebagai media untuk menjaga hubungan dengan pelanggan

Alasan terakhir mengapa kampanye media sosial penting yaitu karena bisa menjaga hubungan dengan pelanggan. Melalui media sosial, Anda bisa berinteraksi secara langsung dengan pelanggan. Sebagian besar pelanggan lebih suka dengan brand yang aktif dibandingkan brand yang pasif.

Contoh Kampanye Media Sosial

Berikut ini beberapa jenis kampanye media sosial yang perlu Anda ketahui:

  1. Menunjukkan kelebihan

Contoh kampanye pertama yaitu dengan menunjukkan kelebihan produk. Samsung sebagai perusahaan besar yang bergerak di bidang elektronik dan gadget melakukan kampanye rutin bertajuk “Galaxy Unpacked”. Pada kampanye tersebut dibocorkan gadget terbaru dengan berbagai keunggulannya. 

  1. Mengajak audiens berpartisipasi

Contoh kedua yaitu kampanye media sosial dengan cara mengajak audiens untuk berpartisipasi. Apple sebagai perusahaan besar melakukan kampanye bertajuk “Shot on iPhone”. Melalui kampanye tersebut mereka mengajak pengguna atau audiens untuk memotret menggunakan gadget pribadi dan mengunggahnya di media sosial dengan hashtag khusus. 

  1. Menjadi berbeda

Menjadi berbeda merupakan contoh kampanye media sosial selanjutnya yang bisa Anda jadikan inspirasi. Anda pasti sudah tidak asing dengan jargon dan tagar #NyatanyaNyegerin milik Sprite. Kampanye tersebut menjadi viral karena berbeda dan memiliki nilai keunikan.

  1. Menawarkan produk sebagai solusi

Menawarkan produk sebagai solusi bisa menjadi kampanye yang efektif dan efisien. Sebagai contoh adalah by.U yang memberikan layanan internet dan telekomunikasi. Provider ini menjadi solusi untuk orang-orang yang membutuhkan provider tambahan yang terjangkau.

  1. Memberikan nilai khusus

Contoh kampanye media sosial yang terakhir adalah kampanye yang memberikan nilai khusus. Kampanye ini mampu meningkatkan brand awareness maupun interest untuk produk yang Anda pasarkan. Contoh kampanye yang memberikan nilai khusus yaitu kampanye yang dilakukan Pepsodent Herbal “Sahur Amal”. 

Dalam kampanye tersebut Pepsodent mengajak pelanggan untuk mengirimkan kemasan Pepsodent Herbal. Setiap kemasan yang dikirim akan menjadi santapan sahur orang-orang yang membutuhkan.

Itulah pembahasan mengenai betapa pentingnya social media campaign untuk kesuksesan sebuah bisnis. Dibutuhkan ilmu dan kompetensi lebih untuk membuat campaign yang efektif dan efisien. IDEOWORKS akan membantu Anda membuat hingga menjalankan campaign. Tenang saja, Anda bisa menentukan campaign yang diinginkan dengan berdiskusi terlebih dahulu. Selengkapnya mengenai layanan pemasaran digital dari IDEOWORKS ada di www.ideoworks.id