Cara Menilai Kualitas Kalung Berlian Berdasarkan Clarity-nya

0
50
kalung berlian
kalung berlian

Kualitas sebuah perhiasan berlian bisa dinilai dengan faktor 4C. Hal tersebut juga berlaku ketika Anda akan membeli kalung berlian baru. Salah satu penilaian dalam faktor 4C tersebut adalah clarity atau kejernihan. Tiga lainnya yaitu color atau warna, cut atau potongan, dan carat atau berat karat. Karena menjadi salah satu faktor penting yang menentukan kualitas kalung, maka Anda harus mengenal apa itu clarity.

Secara sederhana, clarity atau kejernihan adalah standar yang diukur berdasarkan jumlah mineral pencemar pada berlian, lokasi pencemar, warna pencemar, ukuran pencemar, serta jenis pencemar. Semakin jernih sebuah berlian atau tanpa pencemar, maka harga dan kualitasnya semakin tinggi.

Cara menilai kualitas berlian berdasarkan clarity yaitu dengan melihat sertifikatnya. Melalui sertifikat tersebut, Anda bisa melihat level kejernihan berlian. Berikut ini adalah urutan level terendah hingga tertinggi:

Included (I1, I2, dan I3)

Level clarity paling rendah ada pada berlian Included. Level ini kemudian dibagi lagi menjadi tiga yaitu I1, I2, dan I3. Tanda cacat pada berlian kelas I masih sangat terlihat. Bahkan mata telanjang pun bisa melihatnya dengan jelas. Oleh sebab itu, tidak direkomendasikan membeli kalung dengan level kejernihan I. Meskipun pada umumnya harganya sangat terjangkau karena termasuk level paling rendah.

Slightly Included (SI1 dan SI2)

Di atas Included, ada Slightly Included. Level satu ini kemudian dibagi lagi menjadi dua kelompok yaitu SI1 dan S2. Pada umumnya kedua level kejernihan ini tidak terlalu berbeda. Level berlian Slightly Included memiliki tanda cacat yang cukup banyak. Meskipun begitu, tanda tersebut tidak sejelas seperti berlian Included ketika dilihat oleh mata. Harganya terbilang masih cukup terjangkau dan belum direkomendasikan untuk dimiliki.

Very Slightly Included (VS1 dan VS2)

Level selanjutnya yaitu Very Slightly Included atau VS. Level ini terbilang sudah cukup bagus untuk sebuah kalung. Bahkan level VS1 dan VS2 menjadi salah satu level clarity berlian yang cukup populer. Tanda cacat atau inklusi pada berlian masih terlihat, namun tidak sejelas dua level di bawahnya. Beberapa berlian bahkan hanya bisa terlihat dengan mikroskop saja. Harganya yang belum mahal dan kualitasnya yang sudah cukup bagus membuat VS1 dan VS2 menjadi populer.

kalung berlian

Very, Very Slightly Included (VVS1 dan VVS2)

Sama seperti VS, level VVS atau Very Very Slightly Included juga populer. Biasanya brand perhiasan berlian ternama paling tidak menggunakan level ini. Tingkat kecacatannya tidak bisa dilihat langsung oleh mata. Bisanya hanya ahli dan mikroskop saja yang bisa mendeteksinya.

Internally Flawless (IF)

Internally Flawless atau IF adalah level kejernihan berlian yang sudah sangat bagus. Berlian memiliki cacat di luar, namun bagian dalamnya bersih. Hanya mikroskop dan ahli saja yang bisa menentukan tanda kecacatan di berlian IF. Termasuk level yang jarang digunakan. Jika pun ada, harga kalung berlian mewah pasti termasuk mahal.

Flawless (FL)

Berlian dengan kejernihan sempurna ada pada level Flawless atau FL. Tidak ditemukan tanda kecacatan di bagian dalam maupun luar. Sangat jarang kalung dengan tingkat kejernihan FL. Pasalnya kalung tersebut harganya akan mahal. Namun keindahan dan kualitasnya tidak perlu diragukan.

Itulah pembahasan mengenai cara menilai kualitas kalung berlian berdasarkan clarity. Selain memperhatikan kejernihan, Anda juga harus memperhatikan kualitas 4C lainnya yaitu cut, color, dan carat. Ingin membeli kalung yang berkualitas? Mondial adalah tempatnya. Berbagai macam model kalung bisa Anda temukan. Cari kalung terbaik yang cocok untuk Anda. Informasi lebih lengkap mengenai Mondial bisa dilihat di www.mondialjeweler.com.