Mendampingi Buah Hati yang Kecanduan Teknologi

0
53
generasi alpha
generasi alpha

Hidup pada masa berkembangnya teknologi dan menjadi bagian dari generasi alpha merupakan hal yang menyenangkan. Akan tetapi orang tua memiliki peranan yang sangat penting bagi pertumbuhan anak yang hidup dalam generasi alpha.

Perkembangan teknologi yang semakin canggih dan modern saat ini sudah tidak bisa kita bendung lagi. Ada berbagai macam hal yang ada di dalam kehidupan kita saat ini sudah tidak bisa dilepaskan dari teknologi. Tidak hanya pekerjaan dan aktivitas kita saja yang tidak bisa dilepaskan dari teknologi akan tetapi juga buah hati kita dan keluarga yang ada di sekitar kita. Anak-anak yang lahir di masa berkembangnya teknologi dan hidup berdampingan bersama berbagai macam gadget disebut generasi alpha. Generasi ini merupakan generasi yang akrab dengan berbagai macam gadget mulai dari smart tv, smrtphone, komputer, laptop, tab dan berbagai macam gadget canggih lainnya.

Generasi alpha bisa menghadirkan dua sisi mata uang yang berbeda. Di satu sisi akan menguntungkan akan tetapi di sisi lain akan merugikan anak tersebut. salah satu keuntungan anak yang hidup di generasi alpha adalah mereka akan mampu mengikuti perkembangan dan kemajuan teknologi yang ada dan mampu hidup berdampingan bersama berbagai macam peralatan canggih. Akan tetapi salah satu sisi negatifnya adalah apabila tidak di dampingi dengan baik oleh orang tua dan orang-orang yang ada di dekatnya mereka akan menjadi generasi yang tidak bisa dipisahkan dari teknologi dan akan merasa kecanduan dan ingin selalu menggunakan teknologi.

Ada beberapa tips yang bisa kita lakukan agar mampu memberikan pendampingan terbaik bagi buah hati kita yang hidup sebagai generasi alpha. Tips tersebut antara lain adalah:

  1. Jangan mengenalkan berbagai macam gadget pada anak yang masih berusia balita. Pada masa balita pertumbuhan dan perkembangan buah hati kita tidak bisa dilepaskan dari peranan orang tuanya. Gadget dan berbagai macam peralatan canggih akan mencuri waktu-waktu penting buah hati kita saat dalam masa pertumbuhannya. Oleh karena itu jangan membiasakan buah hati kita untuk menggunakan gadget selama mereka masih berusia balita.
  2. Khusus bagi anak yang telah mengenal gadget, atur mereka supaya menggunakannya dengan bijak. Seorang anak akan menjadi kecanduan menggunakan gadget terlebih lagi apabila mereka tidak mendapatkan perhatain lebih dari orang tuanya.

Leave a Reply