Hati-Hati Gejala Infeksi Saluran Pencernaan

0
530
gejala infeksi saluran pencernaan berkelanjutan
gejala infeksi saluran pencernaan berkelanjutan

Gejala infeksi saluran pencernaan adalah penyakit yang menyerang sistem pencernaan tubuh manusia. Infeksi ini terjadi karena makanan, minuman yang tidak bersih dan pola makan yang tidak teratur. Pola kehidupan kita sehari-hari dapat menentukan kesehatan diri. Jika anda memiliki kebiasaan buruk seperti sulit menjaga kebersihan diri dan lingkungan sekitar makan anda berpeluang besar mengalami infeksi saluran pencernaan. Infeksi saluran pencernaaan ini dapat berupa diare, maag, sembelit, hingga usus buntu. Penyakit ini mudah berkembang di lingkungan yang jorok dan kotor terutama pada musim hujan biasanya mengakibatkan bakteri dan virus lebih cepat berkembang.

Penyebab gejala infeksi saluran pencernaan disebabkan oleh bakteri, virus dan parasit yang terdapat pada makanan dan minuman sekitar kita yang tanpa sengaja terkonsumsi dan masuk ke dalam tubuh. Virus yang dapat menyebabkan infeksi saluran pencernaan adalah rotavirus dan astovirus. Untuk bakteri yang dapat menyebabkan infeksi pada saluran pencernaan adalah campylobacter jejuni dan eschericia coli.  Bakteri ini juga terdapat di makanan yang kurang matang atau masih mentah. Gejala yang ditimbulkan dari infeksi saluran pencernaan kurang lebih sama dengan gejala diare, yaitu sakit perut hingga merasa melilit, mudah lelah, hilangnya cairan dalam tubuh dan frekuensi buang air yang lebih sering dibanding dengan biasanya, kotoran yang dikeluarkan pun lebih encer dan berwarna hijau pekat.

Bila anda merasakan gejala infeksi saluran pencernaan yang sudah disebutkan di atas pertolongan pertama yang dapat anda lakukan adalah mengkonsumsi oralit, menghindari makanan yang kaya serat dan banyak minum air putih. Bila infeksi ini disertai panas tinggi dan adanya bercak darah pada kotoran anda wajib segera menghubungi rumah sakit terdekat karena gejala ini menunjukan dehidrasi tinggi yang dapat menyebabkan kematian. Jagalah kebersihan diri anda sendiri dengan sering mencuci tangan sebelum dan sesudah makan juga sebelum dan sesudah beraktifitas. Gunakan sabun yang dapat membunuh kuman dan virus seperti sabun Lifebuoy yang memiliki kekuatan membunh kuman hanya dalam waktu satu detik.