Fungsi Stimulasi Tumbuh Kembang Anak Melalui Buku, Apa Pengaruhnya?

0
33
fungsi stimulasi tumbuh kembang anak

Banyak cara agar anak bisa berkembang lebih baik, baik itu melalui mainan edukasi maupun dengan cara membaca. Fungsi stimulasi tumbuh kembang anak akan terwujud dengan maksimal saat Anda menggunakan buku. 

Pengaruh Membaca Pada Fungsi Stimulasi Tumbuh Kembang Anak

Dokter Thomas Armstrong sebagai pakar kecerdasan menyatakan ada 8 tipe kecerdasan anak. Setiap anak bisa memiliki salah satu atau bahkan lebih dari 8 tipe tersebut.

Menggunakan buku, orang tua bisa menstimulasi dari masing-masing kecerdasan anak. Simak bagaimana cara mengembangkan 8 jenis kecerdasan ini, sebagai berikut:

Word Smart

Untuk melakukan stimulasi kecerdasan linguistik, Anda bisa membacakan buku dengan dengan mengucapkan kata-kata secara jelas dan menyenangkan. Anak akan menyukai beberapa kata yang Anda ucapkan. 

Number Smart

Pilihlah buku-buku cerita yang di dalamnya terdapat banyak gambar. Ajak anak untuk menghitung jumlah gambar di dalam buku tersebut. Misalnya Anda bisa bersama anak menghitung banyaknya gambar orang di buku itu.

Picture Smart

Membaca buku cerita bergambar akan sekaligus menjalankan fungsi stimulasi tumbuh kembang anak untuk kecerdasan spasial. Anda bisa menjelaskan maksud dari gambar di dalam buku tersebut. 

Music Smart

Hanya membacakan buku bukan berarti tidak bisa menstimulasi kecerdasan musikal. Anda bisa membacakan buku sambil bersenandung. Hal ini akan efektif untuk meningkatkan kecerdasan musikal.

Body Smart

Anda harus berekspresi saat membacakan buku dengan memperhatikan alur cerita. Bisa juga menambahkan gerakan tangan atau badan sehingga menstimulasi kecerdasan kinestetik anak.

Kecerdasan Natural

Anak memiliki kecerdasan naturalis sangat gemar bermain di alam. Anda bisa membacakan buku cerita bertema alam untuk menunjangnya.

People Smart

Bacakan buku bersama dengan anak dan bawalah alur di dalam buku menjadi sebuah drama. Ini akan mengasah kecerdasan interpersonal dan anak akan suka bermain drama atau teater boneka.

Self Smart

Anak dengan kecerdasan intrapersonal akan lebih suka bermain sendirian. Anda bisa menceritakan pengalaman saat tidur.

Memaksimalkan fungsi stimulasi tumbuh kembang anak dengan membaca buku sangat disarankan. Berikan juga rangkaian Dancow Gum untuk menunjang perkembangan kecerdasannya.