Cara Membuat Kampanye Digital Marketing yang Efektif

0
126
digital marketing
digital marketing

Kampanye pemasaran digital merupakan salah satu cara yang digunakan oleh perusahaan untuk meningkatkan bisnis mereka. Sesuai dengan namanya, kampanye ini menggunakan platform digital sebagai media promosi dan pengenalan produk. Membuat kampanye digital marketing atau pemasaran digital tidak mudah dilakukan. Anda harus mampu melakukan analisis dengan baik sehingga kampanye berjalan efektif dan efisien. Berikut ini adalah cara membuat kampanye pemasaran yang bisa Anda lakukan:

Perencanaan

Tahap pertama yang harus Anda lakukan adalah merencanakan dan menyusun strategi. Ada beberapa hal yang perlu dilakukan dalam tahap perencanaan yaitu sebagai berikut:

digital marketing
  1. Mencari tujuan kampanye

Langkah awal membangun sebuah kampanye pemasaran digital adalah mencari tujuan kampanye. Anda harus mengetahui apa goals atau hasil akhir yang diinginkan dari kampanye yang dilakukan. Contoh tujuan kampanye yaitu membangun kesadaran konsumen, menjangkau lebih banyak pelanggan, dan lain sebagainya.

  1. Menentukan target

Selain mencari tujuan kampanye, Anda juga perlu menentukan target dari kampanye tersebut. Tentu saja target harus disesuaikan dengan produk yang Anda tawarkan. Pasalnya mendapatkan audiens yang bukan target malah membuat pemasaran Anda kurang efektif. Audiens yang bukan target berpeluang kecil untuk melakukan pembelian.

  1. Melakukan analisis SWOT

Hal yang sering dilupakan banyak orang ketika membangun kampanye pemasaran digital adalah analisis SWOT. Anda perlu melakukan analisis SWOT yaitu strength atau kekuatan, weakness atau kelemahan, opportunities atau peluang, dan threats atau ancaman. Analisis SWOT dilakukan berdasarkan tujuan yang ingin dicapai.

Pengembangan

Jika sudah menyelesaikan tahap perencanaan, selanjutnya Anda bisa ke tahap pengembangan. Berikut ini adalah pengembangan:

  1. Mengembangkan hasil riset

Setelah dilakukan riset pada perencanaan, selanjutnya Anda harus mengembangkan riset tersebut. Contohnya yaitu menentukan keyword yang cocok dengan target, menentukan platform pemasaran, dan lain sebagainya.

  1. Buat penjadwalan unggah konten

Sebaiknya buat penjadwalan unggah konten di platform yang Anda pilih. Dengan jadwal tersebut, maka pemasaran yang Anda lakukan lebih tertata. Selain itu, audiens juga lebih suka dengan konten promosi terbaru. Media sosial yang kurang aktif kurang menarik bagi audiens. Penjadwalan konten tidak harus dilakukan setiap hari, namun harus rutin dan teratur.

Manajemen

Tidak hanya merencanakan dan mengembangkan saja, Anda juga perlu melakukan manajemen pada pemasaran digital yang dilakukan dengan cara berikut ini:

  1. Monitoring konten

Apakah setelah mengunggah konten dibiarkan begitu saja? Tentu saja tidak, Anda harus melakukan monitoring pada konten yang sudah diunggah. Cari tahu parameter apa saja yang harus dinilai dari konten yang diunggah. Misalnya mengunggah konten di Instagram, parameternya yaitu followers, like, share, comment, dan lain sebagainya.

  1. Evaluasi konten

Setelah melakukan monitoring, selanjutnya Anda bisa melakukan evaluasi pada konten-konten tersebut. Melalui evaluasi ini, Anda bisa mengukur seberapa sukses kampanye yang dilakukan. Jika dirasa hasilnya kurang efektif, Anda bisa melakukan perbaikan agar menghasilkan kampanye yang efektif dan efisien.

Itulah cara membuat kampanye digital marketing yang efektif dan bisa Anda coba. Memang dibutuhkan kompetensi dan pengalaman untuk membuat kampanye yang efektif dan efisien. Untuk menghemat budget, Anda bisa menggunakan jasa digital marketing agency. Mereka menawarkan jasa untuk membuat serta menjalankan kampanye pemasaran digital.

Rekomendasi agensi yang bisa Anda jadikan pilihan adalah Diginet. Diginet merupakan agensi digital yang menawarkan layanan lengkap mulai dari pembuatan website, pembuatan aplikasi berbasis mobile, dan lain sebagainya. Anda bisa memesan jasa yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan. Sebelum memilih jasa, Anda bisa berkonsultasi dengan tim Diginet untuk menentukan pilihan yang tepat. Informasi lebih lengkap mengenai Diginet ada di www.diginet.co.id