Bayi Gemuk Tidak Ditentukan Oleh Menu MPASI Saja

0
34

Bunda pasti mengira jika bayi kurus, bunda salah dalam memberikan makanan pendamping ASI. Atau bunda mengira bayi tidak mau banyak makan.

Tentu asumsi tersebut sangat masuk akal. Bisa saja bayi kurus lantaran tidak suka makan atau bunda salah dalam memberikan menu makanan pendamping ASI.

Namun, jika keduanya sudah bunda lakukan tapi bayi tidak kunjung gemuk dan padat, ada satu hal yang bunda tidak perhatikan, yaitu jadwal pemberian menu makanan pendamping ASI.

Jadi, jika bunda sudah yakin memberikan makanan yang bergizi tinggi dan juga bayi makan dalam porsi yang banyak, bunda perlu review kembali apakah bunda sudah benar dalam hal penerapan pemberian makanan untuk bayi.

Jadwal Pemberian Makanan Bayi

Sebenarnya, terserah bunda saja jam berapa saja bunda akan memberikan menu MPASI. Namun, para ahli kesehatan bayi menyarankan agar bayi mendapatkan asupan makanan berupa MPASI setidaknya setiap 3 jam sekali. Maksimal bunda harus berikan makanan kepada bayi 4 jam sekali. Jika bunda rutin menerapkan tips ini, bayi akan cepat gemuk.

Kuncinya hanya itu saja, yaitu pemberian makanan setiap 3 atau 4 jam sekali. Nah, jam berapa saja bunda akan berikan makan kepada si kecil, itu bunda sendiri yang menentukan.

Hanya saja, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  1. Jeda Antara Makan dan Minum ASI

Jika usia bayi masih di bawah 2 tahun, usahakan bunda tetap memberikan ASI. Bagaimanapun juga, ia membutuhkan nutrisi dari ASI.

Namun, karena bayi sudah makan makanan pendamping ASI, bunda hanya perlu memberi jeda saja. Usahakan agar ada jeda antara makan dan minum antara 15-20 menit. Jeda ini diperlukan agar bayi tidak kekenyangan.

  1. Jangan Beri Makan Sebelum Tidur

Ada yang bilang bayi harus kenyang agar ia bisa tidur lelap. Tentu anggapan ini benar. Hanya saja, harus ada jeda antara makan dengan tidur. Berbahaya jika bayi baru makan langsung tidur.

Nah, sekarang bunda sudah tahu kan bagaimana cara membuat bayi gemuk dan padat? Memberikan makanan bergizi saja tidak cukup. Hal tersebut harus dilengkapi dengan pemberian makanan sesuai dengan jadwal yang tepat, yaitu setiap 3 atau 4 jam sekali.

Persepsi Yang Salah Mengenai Bayi Gemuk

Mungkin bunda salah satu orang tua yang merasa bayi yang sehat itu bayi yang gemuk. Sebenarnya, ini kurang tepat. Bayi yang sehat itu bayi yang berat badannya ideal.

Tidak semua bayi gemuk itu sehat lho bunda. Faktanya, banyak bayi yang gemuk ternyata karena kebanyakan lemak. Bayi yang sudah mendapatkan susu formula biasanya mengalami masalah kegemukan. Dan ini bukan gemuk yang sehat.

Bayi yang gemuk dikatakan sehat jika berat badannya tidak diatas rata-rata. Dan gemuknya tersebut bukan hanya disebabkan oleh lemak tapi protein.

Makanya, para orang tua disarankan untuk mempelajari menu MPASI yang mengandung protein tinggi. Dengan demikian, bayi bisa gemuk, padat, dan sehat.

Nah, sekarang bunda sudah punya rencana makanan apa yang akan bunda berikan untuk sang buah hati hari ini? Jangan asal ya bunda. Jangan langsung memberikan susu formula jika usia bayi masih di bawah 6 bulan. Berikan saja menu makanan pendamping ASI yang tepat dan dibarengi dengan penjadwalan pemberian makanan setiap 3 atau 4 jam sekali. Lakukan secara konsisten maka bayi akan terlihat gemuk dan padat.