5 Pilihan Makanan yang Bisa Menambah Berat Badan Anak

0
26

Pertumbuhan anak yang ideal merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan oleh semua orang tua. Ada dua macam parameter pertumbuhan anak yaitu tinggi badan dan berat badan anak. Anak dikatakan memiliki berat badan yang ideal apabila tidak terlalu kurus ataupun tidak terlalu gemuk. Apabila Si Kecil memiliki berat badan di bawah ideal, maka Anda perlu memberikan MPASI penambah berat badan. Berikut ini ada 5 pilihan makanan pendamping ASI yang bisa Anda berikan pada Si Kecil:

Nasi

Nasi merupakan makanan penambah berat badan karena menjadi sumber karbohidrat dan kalori yang utama. Masyarakat Indonesia umumnya memilih nasi dari beras putih sebagai makanan pokok. Selain nasi putih, Anda juga bisa memberikan nasi beras merah yang dianggap lebih sehat.

Telur

Telur ayam, telur bebek, serta telur puyuh bisa dikonsumsi oleh Si Kecil. Ada banyak kandungan telur yang bisa membantu menambah berat badan seperti kalori, vitamin, lemak, dan protein. Selain itu, telur juga mengandung kolin dan omega 3 yang baik untuk perkembangan otak.

Buah Berlemak

MPASI penambah berat badan selanjutnya adalah buah berlemak. Beberapa buah-buahan yang bisa diberikan yaitu alpukat, kelapa, dan pisang. Sesuaikan pemilihan buah-buahan tersebut dengan usia Si Kecil.

Ikan

Ikan merupakan sumber protein yang memiliki kualitas tinggi. Selain itu, ikan juga mengandung kalori dan lemak yang bisa membantu menambah berat badan Si Kecil. Sementara kandungan omega 3 yang ada di dalamnya bisa meningkatkan kecerdasan dan kesehatan otak.

Daging

Pilihan makanan terakhir yang bisa Anda berikan pada Si Kecil adalah daging. Makanan yang lezat ini memiliki beberapa kandungan yang membantu menambah berat badan seperti protein, lemak, kalori, serta zat besi. Zat besi dari daging bisa membantu mengurangi risiko anemia pada anak.

Selain MPASI penambah berat badan di atas, Anda juga bisa memberikan MPASI praktis dari Cerelac. Nestle Cerelac menawarkan produk MPASI untuk bayi mulai usia 6-7 bulan. Ada tiga pilihan produk yang bisa Anda pilih yaitu Bubur Sereal, Bubur Sereal Susu, dan Homestyle. Untuk varian Bubur Sereal dan Bubur Sereal Susu bisa dikonsumsi anak usia 6 bulan, sementara varian Homestyle bisa dikonsumsi oleh anak usia 7 bulan.