Wajib Dimiliki, 7 Peralatan untuk Membuat MPASI

0
44
MPASI
MPASI

Ketika si kecil memasuki usia 6 bulan, maka Mam memiliki dua pilihan dalam memberikan makanan pendamping bagi si kecil, rumahan atau kemasan. Dua-duanya sama-sama baik, akan tetapi ada nilai plus ketika bisa memberikan MPASI rumahan, bukan? Di samping proses pembuatannya yang langsung dari tangan ibu, proses ini juga efektif meningkatkan rasa cinta pada si kecil. 

Apa saja peralatan yang digunakan untuk membuat makanan pendamping rumahan? Yuk intip pembahasannya pada artikel ini.  

1. Pisau dan talenan

Pisau dan talenan wajib ada untuk memotong-motong bahan makanan menjadi kecil-kecil. Jangan lupa untuk mengasah pisau agar Mam dapat memotong dengan mudah dan cepat. Bersihkan talenan setelah digunakan agar tidak menjadi tempat penyimpanan bakteri. 

Image result for MPASI

2. Blender dan Chopper

Blender dan Chopper digunakan untuk menghaluskan bahan makanan. Blender berfungsi untuk menghaluskan buah-buahan dan sayuran. Sedangkan Chopper bermanfaat untuk mencincang bahan makanan, termasuk daging.

Perawatan blender dan Chopper cukup mudah. Bersihkan setiap selesai dipakai. Usahakan bagian bawah pisau dibersihkan, karena bagian ini biasanya yang paling sulit dibersihkan.

3. Wadah masak dan penyimpanan

Wadah masak digunakan untuk mencampur berbagai macam bahan MPASI. Misalkan ketika Mom akan membuat bubur susu atau bubur tim, pasti membutuhkan wadah pencampur. Selain wadah masak, gunakan juga wadah penyimpanan.

Wadah yang dapat dipakai untuk menyimpan adalah kontainer atau kotak bekal kecil. Ada juga yang menjual produk kotak bayi (baby cube) yang dapat dipanaskan. Baby cube praktis untuk menyimpan makanan tersebut selama perjalanan.

4. Heater atau panci rebus air

Panci rebus air dan heater bermanfaat untuk menjaga air tetap hangat dan membantu  sterilisasi alat bahan. Heater listrik dapat digunakan selama perjalanan juga. Ketika menggunakan heater listrik, jangan lupa untuk mematikan listriknya saat air sudah matang. 

5. Parutan (Set)

Parutan adalah benda yang paling dibutuhkan untuk menghaluskan makanan bayi, karena MPASI harus bertekstur lembut dan mudah dicerna bayi. Mam bisa membeli parutan biasa atau set parutan yang dapat menciptakan berbagai kehalusan makanan.

6. Slow Cooker

Alat yang satu ini sangat memudahkan ibu yang sibuk karena terdapat pengaturan durasi dan tipe masakan sehingga tidak perlu khawatir gosong. Tinggal masukkan bahan makanan yang telah dipotong, alat ini akan memprosesnya dengan baik.

7. Termos

Karena makanan bayi butuh banyak air panas, sediakan termos untuk menjaga air tetap panas ya, Moms!

Demikian 7 alat yang harus ada untuk membuat makanan pendamping rumahan. Jangan lupa menjaga higienitas alat-alat tersebut ya, Mam!