Tips Mendapatkan Stop Kontak Saklar Berkualitas Terbaik

0
90
stop kontak saklar

Pemilihan stop kontak saklar yang berkualitas memang merupakan sesuatu yang gampang-gampang susah. Bagi orang yang sudah terbiasa mungkin hal tersebut sangatlah mudah. Namun tentu akan berbanding terbalik jika Anda yang masih mengenal atau memahami berbagai hal mengenai alat-alat listrik. 

Perlu diketahui, memilih stop kontak harus dilakukan dengan teliti dan sebaik mungkin. Pasalnya jika salah memilih, maka keamanan menjadi risikonya. 

Nah untuk membantu Anda mendapatkan saklar stop kontak dengan kualitas terbaik, berikut kami hadirkan beberapa tips memilih saklar stop kontak dengan tepat. Berikut diantaranya:

  1. Tekan tombol saklar

Ketika Anda hendak membeli saklar, salah satu cara untuk mengetahui akan kualitas yang dimilikinya yaitu dengan cara menekan rocker atau tombol saklar tersebut. Biasanya, saklar yang memiliki kualitas baik cenderung akan mengeluarkan bunyi “klik” yang lembut pada saat ditekan tombol on ataupun off-nya.

Dengan menekan tombol tombol on/off tersebut bisa menjadi cara mudah dan sederhana untuk memilih produk saklar yang berkualitas yang memiliki pegas yang bagus. 

Perlu Anda ketahui, pegas yang berkualitas yaitu pegas yang terbuat dari bahan yang lunak. Dengan begitu, kelenturannya tidak akan berkurang meskipun pegas sudah dipakai lama dan dengan dengan frekuensi pemakaiannya yang cukup tinggi.

Tak hanya itu saja, dengan menekan tombol on/off juga Anda bisa mengetahui kualitas saklar yang bisa dilihat dari tuas kontak dan contact point yang bagus pula. Tuas kontak yang bagus biasanya terbuat dari bahan tembaga murni dengan contact point berlapiskan perak yang mampu mengurangi percikan-percikan api saat tuas kontak bergeser dari posisi on ke posisi off maupun sebaliknya.

  1. Cek kekuatan terminal kabel

Untuk mengecek kualitas saklar selanjutnya, Anda bisa memperhatikan dan menguji kekuatan terminal kabelnya. Caranya, Anda bisa melakukannya dengan menusukkan sebatang kabel yang sejenis ke dalam lubang terminal dan kemudian ditarik kembali. Pada kondisi tersebut, kabel tidak akan mudah terlepas dari lubang terminal saklar.

Jika Anda akan melepas kabelnya, maka bisa dilakukan dengan menekan isolator yang terletak di atas terminal. Isolator tersebut ditekan secara bersamaan dengan menarik lepas kabel tersebut dari lubang terminal. 

Isolator dari saklar yang memiliki kualitas terbaik biasanya dapat ditekan berulang kali tanpa mengurangi kekuatan dari terminal kabel pada saklar tersebut.

  1. Cek menggunakan Plug atau Steker

Melihat kualitas dari stop kontak dengan sebuah plug atau steker, bisa dilakukan dengan menghubungkan atau tusuk dan lepaskan atau cabut steker dari stop kontak secara berulang-ulang.

Setelah itu, yang terjadi selanjutnya pada stop kontak yang berkualitas daya cengkram plug tidak akan berkurang meskipun sudah digunakan dalam frekuensi yang tinggi. 

Cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan pengujian terkait kelenturan dari plat tembaga yang terdapat pada stop kontak dengan menggunakan obeng.

  1. Uji kelenturan dari “Busur Arde”

Biasanya, saklar stop kontak berkualitas bagus memiliki busur arde dengan tingkat kelenturan yang baik dan akan tetap terjaga meski digunakan dalam frekuensi yang tinggi.

Busur arde sendiri berperan untuk membuang kebocoran tegangan yang disebabkan oleh induksi tegangan peralatan listrik ke ground saat aktif bekerja. Dengan membuang kebocoran tegangan, hal tersebut dapat meminimalisir hingga menghilangkan sengatan listrik kecil pada saat peralatan listrik bekerja.

Itulah dia beberapa tips yang harus Anda ketahui dalam memilih stop kontak saklar yang berkualitas terbaik. Selain melakukan tips-tips di atas, Anda juga bisa memilih stop kontak dari Schneider Electric.

Schneider sendiri merupakan salah satu merk yang cukup terkenal yang memproduksi berbagai peralatan kelistrikan termasuk berbagai stop kontak saklar lampu listrik. Produk-produknya pun memiliki kualitas terbaik dan tahan lama.

Tak hanya itu, untuk harga produknya pun Schneider juga terbilang terjangkau dan memiliki berbagai macam varian yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda.