Pentingnya Mengetahui Perkembangan Otak Anak

0
75
perkembangan otak anak
perkembangan otak anak

Masa keemasan dalam tumbuh kembang anak adalah pada dua tahun awal sejak kelahirannya. Dimana pada masa tersebut sangat penting untuk menentukan kesehatan dan proses perkembangan otak anak yang dialaminya. Proses pertumbuhan dan perkembangan otak si Kecil berlangsung sangat cepat dan akan terus berkembang hingga ia dewasa.

Meskipun perkembangan otak si Kecil akan dimulai sejak masih dalam kandungan dan akan terus terjadi hingga usianya dewasa. Namun pada 2 tahun pertama merupakan masa yang penting sebagai pondasi awal dalam perkembangan otak si Kecil yang akan mendukung masa depan yang baik. 

perkembangan otak anak
perkembangan otak anak

Pada awal masa pertumbuhan si Kecil, selain tumbuh kembang secara fisik, perkembangan otaknya juga akan mengalami peningkatan. Hal tersebut bisa terlihat dari kecepatan seorang anak menangkap, memahami, bahkan menirukan dengan mudah berbagai hal yang dilihat dan didengarnya.

Pada usia awal 2 tahun menjadi masa keemasan atau golden period bagi si Kecil. Karena pada usia ini perkembangan si Kecil akan terjadi dengan sangat pesat sehingga tumbuh kembangnya harus diperhatikan dengan baik dan secermat mungkin. Beberapa faktor bisa mempengaruhi perkembangan otak anak seperti:

  • Gen atau faktor keturunan
  • Nutrisi yang baik yang mulai diberikan pada saat kehamilan
  • Stimulus motorik dan sensorik sejak dalam kandungan
  • Hubungan orang tua dan anak
  • Pengalaman yang dimiliki anak melalui interaksi dengan orang lain dan dunia luar

Bermain adalah aktivitas positif yang bagus dalam membantu menunjang perkembangan otak anak yang baik. Mam bisa memainkan permainan, berbicara, atau menyanyi yang secara aktif akan melibatkan otak anak. Bicaralah dengan si Kecil, tentang apa yang Mam dan Pap lakukan, ataupun menyanyikan lagu dengan gerakan. Mam juga bisa mngajak si Kecil untuk mewarnai, membangun balok mainan, menata puzzle dan lain sebagainya. Berbagai permainan tersebut akan membantu untuk menumbuhkan imajinasi dan kreativitas si Kecil.

Tumbuh kembang anak berbeda di setiap fase pertumbuhan. Untuk memastikan si Kecil tumbuh dengan optimal, diperlukan nutrisi dan stimulasi yang tepat. Stimulasi sebaiknya diberikan sesuai dengan usia dan rutin, sedangkan nutrisi bisa diberikan dalam bentuk makanan bergizi dan dilengkapi dengan susu pertumbuhan untuk anak usia di atas 1 tahun.

Wyeth Nutrition hadir dengan produk varian susu S-26 GOLD, yaitu S-26 Procal GOLD (Susu Pertumbuhan untuk anak 1-3 tahun) dan S-26 Promise GOLD (susu bubuk untuk anak 3 tahun ke atas) untuk mendukung kebutuhan nutrisi si Kecil. S-26 Procal GOLD dan S-26 Promise GOLD dengan formula MULTIEXCELTM membantu Mam mendukung potensi si Kecil dan kemampuan belajarnya yang progesif agar dari Belajar jadi Hebat.