Inilah 7 Tips Membersihkan Alat Pemanggang dengan Mudah!

0
134

sumber : pinterest.com

Ketika ada acara untuk menyambut tahun baru atau acara khusus, mungkin kamu memilih berkumpul dengan orang-orang terdekat untuk memanggang ikan, sosis, ayam, dan bakso. Tidak hanya di dalam acara spesial saja, memanggang adalah hal yang memiliki cita rasa spesial yang membuat orang ketagihan dalam melakukannya. Bahkan sekarang, setiap rumah selalu punya alat pemanggang sosis sederhana atau alat pemanggang khusus daging. Sayangnya, karena menggunakan berbagai bumbu, hal ini meninggalkan sebuah noda di alat pemanggang menjadi lengket serta hitam. Kalau pemanggang sudah lengket dan hitam pasti akan malas untuk membersihkannya. Tenang ada tips jitu untuk membersihkan alat pemanggang tersebut. Seperti apa? Simak yuk, selengkapnya di sini!

  1. Gunakan sikat besar

Sumber: Resep Koki

Tidak semua alat pemanggang ikan terbuat dari bahan stainless, karena pada dasarnya alat pemanggang menggunakan sebuah besi ringan yang dilapisi oleh porselen. Dibandingkan material stainless, besi merupakan benda penghantar panas yang lebih bagus. Kenapa? Karena berbeda dari bahan lainnya. Bersihkan alat pemanggang dengan sikat untuk mengangkat kotoran yang tersisah dari makanan, setelah disikat bilas dengan air lalu sikat lagi kalau masih ada bekas makanan.

  1. Rendam dengan air sabun serta gosok dengan penggosokan yang lembut

Sumber: Resep Koki

Bagi alat yang terbuat dari bahan berlapis porselen, kamu harus berhati hati untuk tidak membersihkannya di dalam dishwasher atau menggunakan sabun kasar. Sebelum merendamnya kamu harus membiarkan suhu alat pemanggangnya turun dahulu. Setelah dingin gosok dengan menggunakan sikat gigi atau spon.

  1. Bersihkan, panaskan dan lapisi dengan minyak goreng

Sumber: Resep Koki

Setelah bersih, lapiskan alat pemanggang dengan minyak agar pelapinya tidak terkikis. Setelah dilapisi dengan minyak, siapkan handuk lalu basahi sedikit dengan minyak goreng. Gunakan lap bersih, lalu bersihkan semua kerak yang ada pada alat memanggang. Cara ini akan mencegah alat pemanggang kamu dari karat. Pastikan melapisi minyak dengan sedikit saja.

  1. Panaskan lalu bersihkan dengan menggunakan sikat berlapis besi

Sumber: Shopee

Tips ini berguna bagi kotoran di alat pemanggang ini lengket serta menghitam. Ketika membersihkannya, gunakan lap khusu atau sarung tangan untuk melindungi jari jari tangan kamu. Sikat seluruh alat pemanggang serta usahakan tidak mesikatnya dengan arah yang tidak beraturan.

  1. Lapiskan alat pemanggang dengan aluminum foil

Sumber: Resep Koki

Kalau alat pemanggang kamu terbuat dari bahan stainless steel, gunakan lah cara ini. Panaskan alat pemanggang agar kotoran atau sisa makanan yang begitu lengket mudah dibersihkan. Tapi, letakan aluminum foil di atas permukaan alat pemanggang.

  1. Gunakan pembersih khusus

Sumber: Resep Koki

Kalau kamu tidak mau ribet, kamu bisa membeli pembersih khusus. Kamu cukup mengoleskan ke alat pemanggang kamu lalu kotorannya pun akan mudah dibersihkan dengan begitu cepat. Ingat lihat dulu labelnya untuk memastikan pembersihnya cocok untuk alat pemanggang yang kamu punya.

  1. Rendam alat pemanggang lalu campurkan dengan baking soda atau cuka

Sumber: Resep Koki

Kalau pembersih cairan khusu sulit didapatkan, kamu bisa menggunakan cara lain dengan mengoleskan dengan baking soda atau cuka untuk merendam alat pemanggang. Campurkan air untuk merendam alat pemanggang kamu dengan cuka atau baking soda sebanyak 32 sendok makan. Masukan alat pemanggang dalam plastic besar lalu ikat dengan rapat, setelah itu diamkan alat pemanggang semalaman. Setelah di rendam bilas menggunakan air dingin lalu keringkan.

Semoga tips diatas dapat berguna untuk membersihkan alat pemanggang kamu seperti baru!