Apa Itu Pendidikan Sekretaris?

0
68
Apa Itu Pendidikan Sekretaris?

Bagi kalian yang ingin menjadi seorang sekretaris handal pasti perlu mengikuti pendidikan sekretaris agar tujuan yang diinginkan tercapai. Pendidikan ini bisa dimulai pada Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK. SMK biasanya terdiri dari banyak jurusan salah satunya adalah tentang administrasi perkantoran. Dalam jurusan itu, terdapat pelajaran serta pelatihan cara bagaimana menjadi seorang sekretaris.

Namun, dalam sekolah SMK, pelajaran yang diberikan hanyalah dasarnya saja. Belum dijabarkan semuanya mengenai apa saja pekerjaan sekretaris seutuhnya. Setelah lulus dari SMK, Anda bisa melanjutkan ke pelatihan sekretaris. Sehingga, pelajaran dan pendidikan yang diberikan fokus pada pekerjaan sekretaris atau apapun mengenai sekretariat. Dengan adanya pelatihan itu seseorang diharapkan mempunyai skill yang baik dan memiliki mental kuat.

Pendidikan sekretaris sekarang ini sedang diburu. Hal ini karena perannya yang begitu besar di masa depan. Seiring dengan perkembangan waktu seorang sekretaris harus mampu menghadapi persaingan dan tantangan yang sedang dihadapi oleh perusahaan. Di era globalisasi ini ketrampilan manajemen dan komunikasi wajib dimiliki oleh para sekretaris.

Hal ini karena Sebab, mereka tidak hanya akan menangani manajemen perusahaan saja. Melainkan juga menjadi perwakilan dari perusahaan dalam berkomunikasi dengan klien atau rekan bisnis. Pelatihan kesekretarisan akan menjelaskan secara lengkap dan terperinci tentang peranan sekretaris baik internal maupun eksternal. Diantaranya seperti sebagai penghubung antar manajer di perusahaan secara fungsional.

Apa Itu Pendidikan Sekretaris?

Sekretaris juga perlu mempunyai kemampuan dalam menerjemahkan kebijakan dari manajer kepada semua pegawai perusahaan. Selain itu, skretaris yang handal dapat melakukan kegiatan manajemen yang tepat dan cermat. Itu merupakan peranan sekretaris dari segi internal perusahaan. Sedangkan fungsi sekretarsi secara eksternal adalah mampu menciptakan citra positif terhadap perusahaan baik dimata konsumen ataupun rekan perusahaan.

Tak hanya itu dalam pelatihan sekretaris, seseorang akan diberikan gambaran akan pekerjaan yang multifungsi dan mesti dikerjakan dalam waktu yang sama. Memang sekretaris mempunyai tanggung jawab besar pada perusahaannya dan dituntut dapat menyelesaikan pekerjaan dengan rapi, benar, tepat sasaran dan profesional. Seorang sekretaris merupakan bagian dari public relations yang sangat penting.

 

Leave a Reply