Tips Membeli Cincin Berlian Pertama Anda

0
43
cincin berlian

Perhiasan berlian termasuk cincin merupakan perhiasan yang sangat mahal. Beberapa orang membutuhkan usaha lebih untuk mendapatkan cincin berlian pertamanya. Meskipun harganya cukup tinggi, namun perhiasan berlian memang masih sangat diburu. Beberapa kelebihan cincin dengan berlian yaitu memancarkan keindahan dari pantulannya, meningkatkan kepercayaan diri, hingga sebagai bentuk investasi.

Bagi Anda yang ingin upgrade perhiasan dengan barang yang lebih mahal dan berharga, cincin dengan berlian adalah pilihan yang tepat. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli perhiasan berlian pertama. Pasalnya keliru membeli malah berisiko merugikan Anda sendiri. Untuk menghindari hal tersebut, berikut tips yang bisa diikuti untuk membeli perhiasan berlian pertama:

Ketahui Budget Anda

cincin berlian
cincin berlian

Ingatlah bahwa cincin berlian asli merupakan perhiasan yang cenderung mahal. Oleh sebab itu, Anda perlu mengetahui budget yang dimiliki sebelum membelinya. Pastikan bahwa Anda memang memiliki keuangan yang stabil. Jangan sampai Anda kesulitan keuangan setelah membeli perhiasan berlian impian. Akan lebih baik apabila Anda menabung terlebih dahulu di awal, dibandingkan membeli berlian dengan cara dicicil. 

Coba Lakukan Window Shopping

Cara mengetahui perkiraan harga cincin yang diinginkan yaitu dengan melakukan window shopping. Window shopping merupakan istilah yang diberikan ketika Anda melihat-lihat opsi yang ada tanpa berniat membelinya. Anda bisa melakukan window shopping dengan datang langsung ke toko perhiasan atau secara online melalui internet. Selain mengetahui perkiraan harga, window shopping juga bisa membantu Anda menemukan model yang diinginkan.

Pilih Model dan Material yang Diinginkan

Seseorang biasanya sudah memiliki model cincin yang diincar ketika berniat membeli. Namun Anda tidak boleh memilih model cincin sembarangan. Jangan hanya memperhatikan model yang disukai saja namun perhatikan juga kecocokan di jari Anda. Pasalnya beberapa bentuk jari terkadang tidak cocok dengan model tertentu. 

Selain model, Anda juga perlu memperhatikan material atau logam yang digunakan pada cincin. Adapun jenis logam yang biasanya digunakan dalam pembuatan cincin yaitu platinum, emas kuning, emas putih, perak, palladium, dan lain sebagainya. Jenis logam yang Anda pilih akan mempengaruhi harga.

Ketahui Kualitas Berlian

Pemula pasti kurang memahami mengenai kualitas berlian. Sebelum membeli perhiasan berlian pertama Anda, sebaiknya pelajari mengenai kualitas berlian terlebih dahulu. Selain menentukan harga, kualitas berlian juga menentukan keindahan dari perhiasan yang Anda beli. Pada umumnya, kualitas berlian bisa dinilai dengan 4C yaitu carat weight (berat carat), color (warna), clarity (kejernihan), dan cutting (potongan).

Pastikan Berlian Memiliki Sertifikat

Hal terakhir yang perlu diperhatikan saat membeli cincin dengan berlian pertama Anda adalah sertifikat berlian. Pastikan bahwa perhiasan yang Anda beli memberikan sertifikat berlian. Namun sertifikat ini harus dikeluarkan oleh lembaga yang kredibel, bukan sembarangan lembaga. Beberapa lembaga kredibel yang mengeluarkan sertifikat berlian yaitu GIA, AGS, IGI, AGL, dan lain-lain.

Mondial Jeweler, Toko Perhiasan Kredibel dan Terpercaya

Mondial Jeweler menjadi pilihan tepat apabila Anda ingin mendapatkan cincin berlian asli pertama. Toko perhiasan ini sangat kredibel karena termasuk ke dalam CMK Grup dari PT Central Mega Kencana. Adanya sertifikat berlian juga menjadi bukti bahwa berbagai perhiasan yang ditawarkan menggunakan berlian asli.

Bukan hanya berlian saja yang asli, material logam yang digunakan juga berkualitas. Kebanyakan cincin yang dibuat menggunakan dua material populer yaitu emas kuning dan platinum. Coba datang langsung ke toko fisik terdekat jika ingin membeli cincin dari Mondial Jeweler. Saat ini toko fisiknya sudah tersedia di berbagai kota seperti Jakarta, Bandung, Surabaya, dan juga Medan.