Strategi Niche Market: Kapan Waktu Menentukannya?

0
24
Strategi Niche Market
Strategi Niche Market

Bisnis adalah tentang memenuhi kebutuhan pelanggan. Semakin paham apa yang dibutuhkan oleh klien, maka usaha Anda juga semakin berhasil. Tidak heran jika saat ini banyak pebisnis yang berusaha menerapkan strategi niche market demi keberlangsungan dan berkembangnya bisnis mereka. Penerapan strategi yang tepat akan membantu penjual mendapatkan pelanggan sebanyak-banyaknya.

Niche market atau segmen pasar spesifik merupakan cara yang tepat untuk berjualan dengan lebih fokus. Apapun yang Anda tawarkan, baik itu produk maupun jasa, tentunya akan berhasil menarik perhatian banyak pelanggan jika metode penjualannya berhasil.

Bagaimana Cara Menemukan Pasar Spesifik?

Target pasar yang dimaksud di sini adalah manusia, tentu saja tugas Anda adalah mengetahui dan membuat daftar detail mengenai apa saja yang dibutuhkan oleh manusia. Hal tersebut bisa mencakup jenis kelamin calon pelanggan, usia, gaya hidup, pekerjaan, hobi, tempat tinggal, penghasilan, dan jenis transportasi. 

Dengan memiliki data tersebut secara rinci, Anda bisa mengelompokkan kebutuhan klien. Sebagai salah satu contoh Anda memilih hobi. Beberapa orang tentu saja memiliki hobi yang berbeda. Ada yang suka menulis, travelling, make up, bermain game, olahraga, dan masih banyak lagi.

Anda menjadi tahu mana hobi yang memiliki peluang besar dan berhubungan dengan produk atau jasa yang akan Anda jual. 

Strategi Niche Market

Misalnya lagi jika ingin membuka jasa penulisan, Anda bisa menargetkannya pada para blogger atau pebisnis yang memiliki website.

Kapan Niche Market Ditentukan?

Namanya segmen pasar berarti penentuannya sebelum bisnis dijalankan. Anda perlu menentukan segmen pasar terlebih dahulu sebelum mulai menentukan jenis bisnis. Nantinya, segmen pasar ini mampu menyokong keberlangsungan dari perusahaan atau bisnis yang Anda jalankan.

Berikut ini adalah beberapa alasan kenapa Anda perlu menentukan niche market terlebih dahulu sebelum membuka bisnis.

Peluang Menaikkan Harga

Dengan menjalankan bisnis yang idenya lebih spesifik, maka Anda bisa menawarkan produk atau layanan dengan harga yang lebih tinggi. Pasalnya pelanggan mungkin saja bisa mendapatkan produk atau jasa tersebut hanya di tempat Anda, sehingga mereka tidak memiliki pilihan lain ketika ingin membeli lagi.

Bisnis Menonjol

Alasan selanjutnya adalah memiliki bisnis yang lebih menonjol karena penentuan segmen pasar terlebih dahulu. Bisnis yang Anda jalankan tentunya memiliki nilai lebih dan keunikan jika dibandingkan dengan bisnis lain, sehingga banyak pelanggan merasa tertarik dan mudah mengingat bisnis Anda.

Cara yang bisa Anda terapkan untuk menciptakan produk atau jasa yang unik adalah dengan melakukan survey terlebih dahulu. Ketahui apa saja kebutuhan konsumen yang belum bisa terpenuhi saat ini. Dengan mengetahui masalah klien, Anda diharapkan menemukan hal baru untuk ditawarkan.

Menemukan Pelanggan Setia

Memiliki bisnis dengan pelanggan setia adalah suatu kewajiban. Menentukan segmen pasar dapat membantu Anda mendapatkan pelanggan loyal. Jika Anda bisa konsisten dalam menjalankan bisnis dengan baik, tidak mustahil untuk bisa menemukan pelanggan setia sebanyak-banyaknya.

Semakin banyak pelanggan yang loyal, maka bisnis Anda juga semakin berjalan dengan baik. Tentunya keuntungan yang diperoleh juga semakin besar. 

Ada satu cara terbaik yang dapat Anda terapkan untuk sukses dalam menentukan niche market, yaitu menggunakan jasa advertising dari IDEOWORKS.ID. 

Agensi terbaik dan terpercaya ini mampu memberikan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan bisnis Anda, termasuk membantu menentukan strategi niche market yang tepat. Jadi, tunggu apa lagi? Bergabunglah bersama para pebisnis lainnya dengan menggunakan jasa dari IDEOWORKS.ID.