Review dan Harga Sepeda Motor Ramah Lingkungan

0
217
harga sepeda motor
harga sepeda motor

Kendaraan bermotor menyumbang emisi terbesar yang menyebabkan polusi udara di kota-kota besar. Salah satu cara untuk mengurangi emisi tersebut yaitu dengan menggunakan sepeda motor yang lebih ramah lingkungan. Alva One merupakan sepeda motor ramah lingkungan yang menggunakan tenaga listrik. Jadi tidak ada pembakaran bahan bakar yang bisa menyebabkan emisi. Harga sepeda motor ramah lingkungan ini juga tidak berbeda jauh dengan sepeda motor konvensional dengan bahan bakar minyak.

Sebelum masuk ke review sepeda motor listriknya, Anda perlu mengetahui mengenai produsennya. Alva sendiri merupakan brand baru dengan produk pertamanya “One”. Dinaungi oleh Ilectra Motor Group atau IMG, brand ini tentu saja menjadi brand yang tidak boleh diremehkan. Apalagi motor ini adalah motor listrik Indonesia yang dirakit di Indonesia, tepatnya di Cikarang.

Produk pertama kali diperkenalkan pada acara Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022. Apakah Anda penasaran dengan review lebih lengkapnya? Berikut pembahasannya untuk Anda:

Desain dan Tampilan

Motor listrik ini memiliki desain yang bongsor atau cukup besar seperti motor-motor kekinian. Jika dilihat sekilas, tampilannya seperti motor dari Eropa karena memang mengadopsi tampilan dari sana. Kesan futuristic dan sporty menjadi keunggulan dari motor ini.

Dimensinya sendiri yaitu panjang 1960 mm, lebar 755 mm, dan tinggi 1200 mm. Sementara bagian ground clearance-nya yaitu 135 mm sehingga nyaman digunakan saat melewati jalan terjal. 

Untuk mendukung desain yang futuristic, ada satu lampu LED di bagian depan. Begitu pula di bagian belakang juga ada tail lamp dengan teknologi LED. Saat ini ada lima pilihan warna yaitu supernova black atau hitam, casual blue atau biru, halo white atau hitam, edgy turquoise atau biru, dan indie red atau merah. 

harga sepeda motor

Kenyamanan Berkendara

Produsen menyematkan tiga mode berkendara yang bisa disesuaikan kebutuhan. Dengan begitu, berkendara juga bisa menjadi lebih nyaman. Mode berkendara tersebut yaitu eco mode dengan kecepatan 43 km/jam, cruise mode dengan kecepatan 70 km/jam, dan e-sport mode dengan kecepatan 90 km/jam.

Bukan hanya dari mode berkendara saja, Anda juga masih bisa mendapatkan banyak kenyamanan lain. Contohnya yaitu monoshock di bagian belakang, suspensi teleskopik di depan, shockbreaker yang empuk, dan lain sebagainya.

Performa

Meskipun termasuk motor ramah lingkungan, akan tetapi Anda bisa mengandalkan motor untuk bepergian. Pasalnya motor ini memiliki tenaga yang cukup baik dengan output maksimal 5,7 PS dan trosi 46,5 Nm. Selain itu, motor ini menggunakan sistem hub drive motor yang dianggap lebih bertenaga dibandingkan belt drive.

Kapasitas Baterai

Baterai menjadi hal yang sangat penting bagi kendaraan listrik. Motor ini memiliki kapasitas baterai yang mumpuni yaitu baterai lithium 60 volt 45 A (2,7 kWh) dengan bobot mencapai 18 kilogram. Baterai tersebut mampu digunakan hingga sejauh 70 kilometer.

Baterainya juga sudah berstatus IP65 untuk keamanan dari semprotan air dan debu. Karena bukan baterai tanam, Anda akan lebih mudah mengganti baterai. Proses pengisian baterainya sendiri hanya memakan waktu 4 jam saja. Namun daya listrik minimum di rumah harus 1.300 kWh.

Harga

Motor ramah lingkungan yang memiliki banyak keunggulan ini dibanderol dengan harga Rp34.990.000,00. Harga tersebut adalah OTR Jabodetabek. Namun Anda tidak perlu khawatir karena ada sistem pembelian secara kredit.

Itulah sedikit review dan harga sepeda motor ramah lingkungan. Proses pemesanan saat ini dilakukan secara pre order melalui website www.alvaauto.com. Meskipun begitu, calon pembeli tetap bisa melakukan test ride atau uji coba untuk merasakan langsung kenyamanan berkendara. Tunggu apa lagi, dapatkan motor ramah lingkungan ini untuk membantu menjaga udara tetap bersih.