Rekomendasi Buah yang Tepat Sebagai Makanan Penambah Darah Bumil

0
100
makanan penambah darah,

Tubuh ibu hamil selama mengandung akan memproduksi sel darah sebanyak 20 sampai 30 persen, untuk mnegimbangi perubahan ini maka tubuh akan membutuhkan makanan penambah darah, seperti lebih banyak zat besi, asam folat, vitamin C dan vitamin B12 itu berguna untuk mendukung meningkatkan produksi darah, ketika pasokan nutrisi kurang dan tidak tercukupi maka ibu hamil akan mengalami anemia.

Jika tidak cepat diatasi, maka anemia pada ibu hamil dapat meningkatkan resiko terjadinya komplikasi kehamilan,contohnya seperti pendarahan pasca persalinan atau bahkan persalinan yang prematur, untuk menghindari hal tersebut ibu hamil harus memenuhi kebutuhan nutrisi nutrisi yang diungkapkan di atas.

Berikut beberapa jenis buah buahan untuk penambah darah ibu hamil!

1. Jeruk

Jeruk adalah salah satu sumber vitamin C. Vitamin C dapat meningkatkan penyerapan zat besi dalam tubuh, yang sangat penting untuk pembentukan sel darah merah yang sehat. Jeruk juga mengandung folat yang baik untuk perkembangan sel darah dan otak bayi.

2. Apel

Apel mengandung zat besi yang membantu meningkatkan kadar hemoglobin. Makan apel dengan kulitnya akan memberikan lebih banyak serat yang juga baik untuk pencernaan selama kehamilan.

3. Pisang

Pisang adalah buah yang kaya akan zat besi, folat dan vitamin C. Makan pisang dapat membantu meningkatkan kadar darah dan memberikan energi tambahan selama kehamilan.

4. Stroberi

Stroberi mengandung vitamin C yang tinggi dan mengandung sejumlah zat besi yang baik. Buah buahan ini juga mengandung antioksidan dan serat, yang mendukung kesehatan selama kehamilan.

5. Kiwi

Kiwi mengandung vitamin C yang sangat tinggi dan juga merupakan sumber zat besi yang baik. Kombinasi ini membantu penyerapan zat besi yang lebih baik dalam tubuh.

Itulah beberapa buah buahan yang bisa dikonsumsi ibu hamil untuk meningkatkan sel darah dalam tubuh. Selain buah buahan, ibu hamil juga harus mengimbanginya dengan mengkonsumsi makanan penambah darah yang mengandung zat besi, asam folat dan vitamin B12. 

Selalu penuhi nutrisi selama kehamilan, Anda juga jangan lupa untuk mempersiapkan untuk persalinan nanti, salah satu yang harus Anda persiapkan adalah popok bayi. Rekomendasi popok bayi berkualitas dan nyaman untuk si Kecil adalah MAKUKU Air Diapers pampers anti bocor dengan daya serap yang baik