Pengertian Deposito dan Bunga Deposito

0
22
bunga deposito

Deposito adalah produk yang disediakan bank untuk nasabah. Produk ini berbeda dengan tabungan. Ada berbagai macam bank yang menyediakan produk ini, salah satunya adalah Bank Sinarmas. Namun sebelum Anda memulai melakukan deposito, sebaiknya Anda kenali dulu apa itu deposito dan bunga deposito.

Seperti yang disebutkan sebelumnya, deposito berbeda dengan tabungan biasa. Di tabungan Anda bisa menyimpan dan menarik uang yang Anda simpan kapan saja Anda mau, sedangkan di deposito Anda hanya bisa menyimpan dan menarik uang di jangka waktu (tenor) yang ditentukan atau yang disebut dengan jatuh tempo. Ada beberapa tenor yang tersedia dalam deposito Bank Sinarmas yakni 1, 3, 6, 12, 18, 24, dan 36 bulan. Apabila Anda mengambil uang sebelum jatuh tempo, maka Anda akan dikenakan biaya tambahan.

bunga deposito
bunga deposito

Deposito adalah produk investasi dengan pengembalian lebih tinggi dari tabungan. Artinya, Anda mendapatkan suku bunga lebih tinggi di deposito. Pada tahun 2021 suku bunga deposito di Bank Sinarmas untuk semua tenor dalam mata uang rupiah adalah 3,25% sementara suku bunga tabungan sekitar 0,0% – 1%. Untuk mengikuti perkembangan teknologi, kini juga tersedia produk deposito online. Jenis penempatan deposito online ada tiga yaitu Non ARO (Automatic Roll Over), ARO pokok dan ARO PI (Automatic Roll Over Pokok + Interest).

Perbedaan lain adalah, apabila Anda membuka tabungan biasa, maka Anda akan mendapat buku tabungan dengan kartu debit atau ATM. Anda juga dapat membuka tabungan dengan modal mulai dari lima puluh ribu rupiah. Sedangkan untuk deposito, yang Anda dapatkan saat membuka adalah bilyet deposito. Bilyet adalah bukti bahwa Anda menyimpan dana dalam bentuk deposito di bank. Jika Anda menyimpan deposito dalam bentuk online, maka Anda akan menerima bilyet di email Anda.

Untuk membuka deposito online Anda hanya memerlukan dana awal lima ratus ribu rupiah, Anda juga bisa memasukkan dana dalam mata uang USD, AUD, JPY, dan CNY. Anda hanya perlu memiliki rekening tabungan atau giro bank dan menentukan jangka waktu penempatan. Anda tidak perlu khawatir deposito Anda akan hangus karena uang yang Anda simpan tidak akan hangus. Dana Anda juga dijamin oleh LPS (Lembaga Penjamin Simpanan) maksimal sebanyak dua miliar rupiah.

Selain itu, beberapa hal yang harus Anda perhatikan jika Anda melakukan deposito online adalah; jika Anda membuka deposito online pada hari Sabtu atau Minggu maka deposito itu baru efektif dan dicatat pada hari kerja. Seperti deposito biasa, deposito online tidak dapat dicairkan sebelum jatuh tempo. Bunga deposito online dikenakan pajak dan jika suku bunga melebihi ketentuan jaminan LPS maka dana itu tidak masuk di skema penjaminan LPS. Sebaiknya Anda tidak menggunakan deposito sebagai sarana tindak kejahatan karena bank dapat melakukan pemblokiran rekening yang terindikasi melakukan penipuan atau pencucian uang.

Apabila Anda ingin menutup atau mencairkan dana deposito maka Anda harus melakukan hal tersebut melalui internet banking atau SimobiPlus maksimal sehari sebelum jatuh tempo. Misal jatuh tempo pada hari Selasa, maka Anda harus menutup rekening pada hari Senin.

Dapat kita simpulkan menyimpan uang dalam bentuk deposito lebih menguntungkan daripada tabungan biasa. Selain itu, dengan adanya deposito online Anda bisa membuka rekening melalui internet banking atau SimobiPlus kapan saja dan dimana saja. Bagaimana, Anda tertarik?