Manfaat Kacang Hijau Untuk Mencegah Anemia Anak

0
90
Mencegah Anemia
Mencegah Anemia

Di usia 6 bulan, si kecil sudah bisa diberi makanan pelengkap ASI atau MPASI. Ada banyak sekali bahan yang bisa Anda manfaatkan untuk membuat MPASI, salah satunya yaitu kacang hijau. Ada banyak sekali manfaat dari bahan yang satu ini, salah satunya yaitu untuk mencegah anemia pada anak.

Kacang hijau memiliki manfaat yang bagus sebagai penambah darah. Pasalnya, tumbuhan berwarna hijau berbentuk bulat ini memiliki kandungan zat besi yang tinggi. Nah, kandungan tersebut sangat bagus sekali untuk membantu mengurangi risiko anemia pada anak-anak maupun orang dewasa.

Selain itu, kacang hijau juga memiliki banyak manfaat lain untuk si kecil. Salah satunya yaitu untuk mendukung tumbuh kembang si kecil. Karena selain zat besi, kacang hijau juga memiliki kandungan vitamin A, C, E, K, dan B6. Kandungan vitamin tersebut sangat bagus sekali untuk menunjang kesehatan anak.

Vitamin A yang ada pada kacang hijau juga bagus untuk kesehatan mata si kecil. Bahkan, dalam bahan yang satu ini juga mengandung sekitar 20 hingga 24 persen protein nabati yang bagus untuk anak-anak.

Mencegah Anemia

Kacang hijau juga diperkaya dengan kandungan flavonoid. Kandungan ini memiliki fungsi sebagai anti inflamasi dan juga anti mikroba. Kedua kandungan ini sangat bagus sekali untuk menutrisi si kecil. Bahkan kedu kandungan tersebut bagus untuk menangkal bakteri dan juga virus.

Selain bagus untuk penambah darah, juga sangat bagus sekali untuk mendukung kecerdasan anak. Pasalnya, salah satu bahan MPASI ini juga mengandung asam folat yang bagus untuk perkembangan otak si kecil. Artinya, kacang ijo ini memiliki banyak sekali manfaat untuk si kecil.

Saat ini Anda tidak perlu membuat sendiri MPASI dengan menggunakan kacang hijau. Pasalnya, Anda bisa langsung membeli produk bubur bayi dari bahan kacang hijau pada produk bubur bayi Cerelac. Banyak sekali manfaatnya karena memiliki kandungan yang sangat besar seperti yang dijelaskan di atas.

Demikian informasi seputar apa saja manfaat dari kacang hijau. Salah satunya yaitu bisa mencegah anemia pada anak-anak. Selain itu, ada banyak sekali manfaat lainnya yang bisa dirasakan oleh si kecil. Semoga informasi ini bisa menambah wawasan parenting Anda.