Makanan Rendah Kalori untuk Diet Sehat

0
165

Andri.id – Dalam melakukan pola diet sehat, hal paling penting yang perlu diperhatikan adalah jenis asupan makanan yang anda konsumsi, terutama kandungan kalori yang terdapat di dalamnya. Makanan rendah kalori merupakan makanan terbaik bagi orang yang sedang dalam program diet. Kata diet ini merupakan kata yang tidak bersahabat dengan anda dengan berat badan berlebih atau bagi kaum muda yang ingin menghindari berbagai penyakit berbahaya seperti diabetes. Karena diet terkesan menyiksa, seolah ketika berdiet maka anda dilarang mengkonsumsi makanan mengandung gula dan garam sehingga makanan yang dikonsumsi tidak memiliki citarasa. Berikut ini beberapa makanan dengan kandungan rendah kalori yang dapat anda konsumsi setiap hari.

Pertama, buah-buahan. Orang yang sedang berdiet diharuskan mengkonsumsi buah-buahan secara rutin karena sangat baik untuk memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral yang tidak boleh dilewatkan. Beberapa jenis buah-buahan seperti alpukat, apel, pisang, strawberry, jeruk, kiwi, semangka, lemon, aprikot dan buah berries lain merupakan jenis makanan rendah kalori, bahkan makanan ini tergolong makanan berkalori negatif, artinya kalori yang terkandung di dalamnya tidak berlebihan dan bisa anda konsumsi tanpa khawatir menimbun lemak. Buah-buahan ini dapat anda konsumsi secara langsung atau dijus dan dibuat salad. Hindari jus dalam kemasan atau buah kalengan karena mengandung banyak gula dan bahan pengawet.

Makanan Rendah Kalori untuk Diet Sehat
Makanan Rendah Kalori untuk Diet Sehat

Kedua, keju rendah lemak. Makanan lain yang aman dikonsumsi bagi anda yang berdiet adalah keju rendah lemak. Makanan ini mengandung kalori sebanyak 20 hingga 40 kalori, tergantung dari jumlah yang anda konsumsi. Keju merupakan olahan susu yang dapat anda konsumsi dengan dibuat sandwich rendah kalori dengan menggunakan roti gandum. Kandungan kalsium pada keju sangat dibutuhkan oleh tubuh yang dapat mencegah risiko osteoporosis atau pengeroposan tulang.

Ketiga, putih telur rebus. Bagi anda penyuka telur rebus, anda tidak perlu takut mengkonsumsi telur rebus saat berdiet. Bagian yang mengandung kolesterol tinggi pada telur adalah bagian kuning terlurnya. Telur merupakan protein hewani yang sangat penting untuk tubuh, anda bisa mengonsumsi telur dalam jumlah wajar dan memilih bagian putih telurnya saja, karena putih telur ini hanya mengandung 16 kalori, sangat cocok untuk menu sarapan pagi anda.