Intip Apa Saja yang Dipelajari di Sekolah Animasi

0
109
sekolah animasi
sekolah animasi

Anda berencana belajar animasi? Tapi masih bingung apa saja yang dipelajari di sekolah animasi? Jangan khawatir, di sini kami akan coba jelaskan berbagai pelajaran-pelajaran yang akan Anda dalami di sekolah tersebut. Tujuannya agar Anda mengetahui, ilmu apa saja yang bisa didapatkan.

Pada dasarnya, yang menjadi pelajaran di sekolah tersebut yaitu mulai dari kelas basic, hingga advanced. Jadi, artinya, ada banyak sekali mata pelajaran yang bisa didapatkan mulai dari yang paling mendasar, hingga yang paling tinggi.

Pelajaran Basic Animation

Pertama-tama, mari kita bahas terlebih dahulu basic animation yang akan dipelajari di awal. Bagi Anda yang baru saja bergabung di suatu sekolah atau kursus animasi, maka akan dikenalkan dengan beragam teknik basic.

Teknik yang paling mendasar ini, tergolong penting dan menjadi pondasi. Nah, berikut ada beberapa teknik basic yang akan Anda pelajari saat proses belajar animasi:

sekolah animasi
  • Intro 3Ds Max navigasi basic placement
  • Perencanaan project 3D
  • Basic editing, boolean, twist, dan clone
  • Belajar lighting
  • Exterior
  • Final pitch project
  • Rendering
  • Belajar membuat interior

Semua pelajaran-pelajaran di atas akan dipelajari dan didalami hingga Anda menjadi mahir. Basic adalah pelajaran yang paling penting. Karena, tanpa basic, pelajaran animasi Anda di kemudian hari tidak akan optimal.

Pelajaran Advanced Animation

Setelah pelajaran basic Anda lalui, maka akan dilanjutkan dengan tahapan selanjutnya, yaitu advanced. Pada tahapan ini, Anda akan belajar bagaimana caranya mengembangkan animasi Anda menjadi lebih baik. Adapun pelajaran advanced ini meliputi beberapa aspek berikut:

  • Belajar organic modeling 1
  • Belajar organic modeling 2
  • Membuat perencanaan proyek animasi
  • Membuat exterior animasi
  • Membuat environment animasi
  • Belajar lighting dan juga rendering
  • Final pitch project

Kelebihan Sekolah Animasi

Beberapa orang, bisa mempelajari animasi dengan cara otodidak. Namun, sayangnya, otodidak adalah cara mempelajari yang kurang efektif dan tidak memiliki benefit. Pasalnya, melalui sekolah, kita bisa mendapatkan cukup banyak benefit atau keuntungan. Adapun kelebihan-kelebihannya yaitu:

1.  Belajar Dari Ahli yang Berpengalaman

Sebagai informasi, di sekolah tersebut, Anda akan belajar dari seorang yang profesional dan juga ahli di bidangnya. Artinya, Anda akan langsung belajar dari seorang yang memiliki wawasan dan ilmu yang luas terkait dunia animasi. Artinya, tidak hanya sekedar ilmu saja yang didapatkan, Anda juga akan belajar dari pengalaman mereka.

2.  Mata Pelajaran yang Luas dan Dalam

Anda akan mendalami ilmu tentang dunia animasi secara detail. Dengan begitu, wawasan Anda pun akan bertambah lebih baik. Dengan mata pelajaran yang banyak, tentu saja ilmu yang didapatkan pun akan semakin luas.

3.  Siap Kerja

Setelah lulus nanti, Anda bisa langsung siap kerja. Terutama jika Anda lulusan dari sekolah tempat kursus terkemuka, maka peluang kerja pun tidak akan sulit didapatkan. Hal inilah yang menawarkan benefit jauh lebih besar dibandingkan dengan belajar secara otodidak.

4.  Mendapatkan Sertifikat

Sertifikat adalah hal yang sangat penting di dalam sebuah kursus atau sekolah animasi. Dengan sertifikat, Anda akan mudah mendapatkan pekerjaan. Sertifikat inilah yang juga membawa Anda menjadi semakin mudah dalam mendapatkan pekerjaan, khususnya dari perusahaan-perusahaan terkemuka.

Kesimpulan

Belajar animasi di sekolahan atau tempat kursus akan jauh lebih optimal. Selain itu, ada banyak keuntungan yang Anda dapatkan. Nah, di atas, kami juga menjelaskan apa saja yang dipelajari di sekolah-sekolahan maupun tempat kursus.

Demikian informasi seputar pelajaran apa saja yang didapatkan di sekolah animasi. Bagaimana, tertarik untuk belajar? Bagi yang tertarik, IDS Education bisa Anda pilih sebagai tempat yang tepat.