Ingin Bisnis Berjalan Maksimal? Pelajari Strategi Pemasaran Dengan Baik

0
21

Dalam menjalankan sebuah bidang usaha, menawarkan sebuah produk atau jasa agar banyak diminati oleh konsumen menjadi salah satu kunci dari kesuksesan. Jika kualitas produk atau jasa yang ditawarkan cukup baik, maka bisnis pun akan berjalan dengan lancar dan menghasilkan keuntungan yang berlimpah. Selain itu, Anda juga membutuhkan strategi pemasaran yang dapat mumpuni agar konsumen mengetahui dan mengenali produk atau jasa yang Anda tawarkan. 

Tanpa memiliki strategi yang bagus dan kreatif, tentunya Anda akan sulit untuk mengembangkan bisnis secara maksimal. Bahkan, banyak risiko kalah saing dengan pengusaha lain sangat mungkin terjadi apabila Anda tidak memiliki strategi yang baik. Hal ini menjadi kunci penting dalam keberlangsungan sebuah bisnis. Maka dari itu, agar setiap pelaku usaha dapat memahami semua hal tentang strategi ini, simak penjelasan dari ideoworks berikut, yang telah dirangkum dari berbagai sumber.

Definisi 

Pada dasarnya, strategi dari pemasaran ini merupakan sebuah upaya dalam memasarkan atau mengenalkan produk atau jasa kepada masyarakat. Dengan menggunakan sebuah rencana serta strategi yang matang, sehingga bisa meningkatkan jumlah penjualan.

Menurut Kurtz strategi ini sebagai program perusahaan untuk menentukan target pasar serta memberikan kepuasan kepada para konsumennya. Kepuasan konsumen juga  bisa didapatkan dengan cara membangun beberapa elemen dari marketing mix, yaitu produk, distribusi, promosi, serta harga. Philip Kotler juga memberikan pengertian strategi marketing ini sebagai sebuah pola pikir pemasaran yang digunakan untuk mencapai tujuan pemasaran. Strategi dari pemasaran ini terdiri dari pasar target, penetapan posisi, pembauran pemasaran, dan juga dana untuk pemasaran.

strategi pemasaran

Fungsi dari Strategi Pemasaran

Fungsi dari strategi sebuah pemasaran, terdapat empat garis besarnya. Fungsi dari strategi ini yang mengharuskan pelaku bisnis untuk dapat memperkirakan laju bisnis di masa depan, dan memberikan semangat dalam berusaha. Hal ini tentu sangat penting agar bisnis dapat berjalan dengan maksimal. 

Dengan hal tersebut, koordinasi tim pemasaran dapat berjalan dengan lebih efektif serta sesuai target. menjadi sebuah alat bantu untuk meraih tujuan perusahaan atau bisnis, baik dalam jangka waktu pendek maupun panjang. Dengan adanya standar penilaian tersebut, pengawasan mutu serta kualitas kerja akan menjadi lebih efektif.

Tujuan dari Kegiatan Strategi Pemasaran

Strategi sebuah pemasaran umumnya memiliki tujuan yang bermacam-macam, di antaranya yaitu agar tim pemasaran dapat meningkatkan kualitas dari koordinasi antar individu yang ada didalamnya. Dengan menggunakan media sebagai alat ukur dari hasil pemasaran yang diukur berdasarkan standar prestasi yang sudah ditentukan sebelumnya. Sebagai dasar pemikiran dalam mengambil keputusan marketing atau pemasaran, hal ini menjadi sebuah kegiatan untuk mengembangkan kemampuan sebuah bisnis agar dapat beradaptasi.

Praktik Strategi Pemasaran di Era Digital

Di era digital seperti saat ini, teknologi telah mengambil alih pada semua bidang pekerjaan dan bisnis. Jika dimanfaatkan dengan baik, teknologi dapat membantu pekerjaan Anda menjadi lebih mudah atau bisnis menjadi semakin berkembang.

Salah satu strategi dari pemasaran yang paling umum digunakan di era digital adalah email marketing. Dengan memanfaatkan teknologi email untuk kebutuhan pemasaran yang tidak terlalu sulit, Anda hanya perlu menggunakan layanan surel gratis dan menulis tulisan yang bisa membuat pelanggan incaran tertarik untuk menggunakan produk atau jasa yang ditawarkan. Dalam melakukan email marketing, pastikan bahwa tulisan bersifat persuasif, namun tidak terlalu berlebihan dalam menjelaskan keunggulannya. Semoga Bermanfaat !