Hal yang Dipelajari Saat Kursus Film

0
13
Kursus film

Jurusan perfilman saat ini semakin diminati mengingat dunia perfilman Indonesia yang semakin maju. Selain itu, banyaknya platform yang bisa digunakan untuk menyalurkan kreativitas juga semakin membuat peminat perfilman menjadi semangat. Selain mengambil jurusan kuliah perfilman, Anda juga bisa mengambil kursus film. Kursus lebih direkomendasikan untuk Anda yang tidak memiliki biaya kuliah.

Meskipun kursus, Anda nanti akan mendapatkan bukti kelulusan berupa sertifikat yang nantinya bisa digunakan untuk melamar pekerjaan. Sebelum memilih tempat kursus, Anda perlu mengetahui apa saja yang akan dipelajari saat kursus nanti. Berikut beberapa hal yang akan dipelajari:

Producing

Pada awal pembelajaran, Anda akan berkenalan dengan dasar-dasar produksi audio visual. Selain itu, Anda juga akan belajar mengenai pra produksi dan juga pasca produksi. Siswa juga akan diajarkan mengenai peran sutradara dan asisten sutradara. Semua yang berhubungan dengan produksi akan dipelajari pada pembahasan producing.

Screenwriting

Screenwriting menjadi pelajaran selanjutnya yang biasanya akan diterima oleh siswa. Sesuai namanya, siswa akan belajar bagaimana menulis skenario yang baik dan benar. Beberapa hal akan dipelajari untuk menunjang kemampuan penulisan skenario misalnya seperti bedah teori, dasar pemetaan cerita, premis, logline, karakterisasi, dan lain sebagainya. Semua hal tersebut menjadi dasar dalam penulisan skenario.

Kursus Film
Kursus Film

The Tools of Director

Sutradara adalah profesi yang sangat penting dalam pembuatan film. Karena hal tersebut, peran sutradara dipelajari secara mendalam pada the tools of director. Di sini Anda akan belajar mengenai persiapan sebagai sutradara mulai dari pembuatan script breakdown, mempersiapkan breakdown karakter, serta pembedahan storyboard. Selain itu, Anda juga akan belajar mengenai pembuatan visualisasi konsep, dasar akting untuk mengarahkan pemain, blocking pemain, dan bedah script.

Cinematography

Cinematography atau sinematografi menjadi hal yang sangat menarik bagi para siswa atau calon ahli perfilman. Anda akan mendapatkan beberapa materi yang berhubungan dengan sinematografi misalnya yaitu dasar penggunaan kamera, teori konsep visual, membuat konsep visual berdasarkan skrip, dan lain sebagainya.

Post Production

Hal selanjutnya yang akan Anda pelajari saat kursus film yaitu post production. Beberapa orang menyukai pelajaran ini karena berhubungan dengan editing. Anda yang bercita-cita berada di balik komputer wajib mengikuti pelajaran post production. Salah satu software editing yang akan digunakan yaitu Adobe Premiere Pro.

Sound Production

Film berhubungan dengan audio dan visual. Oleh sebab itu, Anda akan menemukan mata pelajaran sound production saat mengambil kursus. Anda akan diajarkan bagaimana caranya untuk merekam suara di lapangan, tipe mixer lapangan, serta tipe microphone. Selain itu, siswa juga harus memahami mengenai manajemen data audio digital.

Film History

Sebagai calon ahli perfilman, Anda juga wajib mengetahui mengenai sejarah perfilman. Oleh sebab itu, banyak tempat kursus yang mengajarkan sejarah film. Anda akan belajar mengenai era industri perfilman, inovasi perfilman dari masa ke masa, dan lain sebagainya.

Itulah beberapa hal yang akan dipelajari apabila Anda kursus film. Sebenarnya topik yang diajarkan di tempat kursus bergantung dari tempat kursus itu sendiri. Jika menginginkan topik kursus yang lengkap, Anda harus memilih tempat kursus yang tepat. Ingin kursus di Jakarta? IDS atau International Design School menawarkan jurusan perfilman yaitu digital film. Tersedia dua jurusan yang bisa Anda pilih yaitu Video Production dan Video Editing. Anda bisa memilih salah satu atau mengambil kedua jurusan tersebut. 

Beberapa kelebihan kursus di IDS yaitu diajar oleh tenaga profesional, mendapatkan fasilitas laboratorium dan lainnya, serta mendapatkan sertifikat keahlian. Jika tertarik Anda bisa menghubungi call center atau mengunjungi website-nya di alamat www.idseducation.com.