Gejala dan Cara Mengatasi Parvo Pada Anjing

0
140
parvo pada anjing

Parvo merupakan penyakit yang diakibatkan oleh virus bernama canine parvovirus yang berbahaya pada anjing. Parvo pada anjing juga sangat menyebar karena merupakan jenis virus yang berbahaya. Penyebarannya pun sangat cepat, terutama jika anjing tersebut berada di fasilitas pengembangbiakan.

Induk anjing yang sedang hamil juga berpotensi menyebarkan virus tersebut pada anak-anaknya yang berada di dalam kandungan. Inilah yang menjadi alasan kenapa setiap pemilik hewan tersebut wajib untuk mengenalinya.

Gejala Anjing yang Terpapar Virus Parvo

Kenali anjing yang terpapar atau terkena penyakit parvo sejak dini agar Anda bisa mengatasinya dengan mudah. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk mengetahui gejalanya karena sangat mudah sekali untuk dikenali.

Anjing yang terpapar parvo biasanya sering merasa lemas dan lesu. Anjing yang terkena penyakit ini juga cenderung demam yang tinggi. Maka dari itu, cek suhu anjing terlebih dahulu agar mengetahuinya.

Namun, lemah, lesu dan demam merupakan gejala umum yang tidak bisa menyimpulkan gejala terpapar parvo. Untuk lebih jelasnya, Anda juga harus mengecek berat badannya. Karena anjing yang terpapar oleh parvo berat badannya akan berkurang secara drastis.

Selain berat badannya yang berkurang, anjing juga akan mengalami dehidrasi, muntah, dan diare yang berpotensi pendarahan. Itulah ciri-ciri yang bisa dipastikan bahwa hewan kesayangan Anda tersebut terserang parvo.

Bagaimana Cara Mengatasi Parvo?

Seperti yang kita ketahui bersama, penyakit yang diakibatkan oleh virus tergolong sangat sulit sekali untuk diobati. Namun sulit yang dimaksud di sini bukan berarti tidak ada harapan. Pasalnya, dengan perawatan yang tepat anjing bisa lebih baik.

Namun disisi lain, parvo adalah jenis penyakit yang bisa dicegah dengan vaksin. Setelah anjing menerima vaksin, maka anjing akan kebal terhadap virus tersebut. Maka dari itu, pemberian vaksin sejak dini bisa menjadi pondasi utama untuk membuat anjing kebal terhadap penyakit tersebut.

Kunjungi dokter hewan terdekat dan lakukan vaksinasi. Alangkah baiknya Anda memberikan vaksin sejak dini untuk pencegahan optimal.

Parvo pada anjing merupakan penyakit serius yang bisa mengakibatkan berbagai gangguan kesehatan. Namun dengan vaksin, anjing bisa kebal dari virus tersebut. Jangan lupa juga untuk memberikan makanan bernutrisi dari Royal Canin.