Faktor Penyebab Mata Bintitan Serta Langkah Pencegahannya

0
53
mata bintitan

Salah satu permasalahan mata yang bisa mengganggu rutinitas Anda adalah mata bintitan. Dimana kondisi ini merupakan suatu benjolan kecil yang terbentuk pada area sekitar mata, terutama pada bagian kelopaknya.

Walaupun bukan masalah yang cukup serius, mengetahui penyebab serta pencegahan bintitan ini, sangat penting untuk Anda ketahui. Karena tentunya Anda tidak ingin terkena permasalahan ini bukan?  

Apa Saja Penyebab Bintitan Pada Mata?

Yang menjadi sumber penyebab terjadinya mata bintitan ini, diantaranya adalah sebagai berikut: : 

  1. Bakteri

Terkena infeksi bakteri seperti Staphylococcus aureus, adalah sumber utama terjadinya bintitan pada mata. 

  1. Masuknya Kotoran dan Debu

Partikel kecil dalam sebuah kotoran atau debu, sejatinya akan menyumbat kelenjar minyak, serta memicu terjadinya bintitan pada mata. 

  1. Peradangan pada Folikel Rambut Mata

Ketika terjadi penyumbatan pada folikel rambut pada kelopak mata, ini juga bisa menjadi penyebab terjadinya infeksi serta bintitan. 

  1. Kondisi Mata Kering

Mendapati kondisi mata kering, dapat mempermudah kelopak mata untuk terkena infeksi serta peradangan. 

  1. Faktor Lingkungan

Paparan panas yang terlalu berlebihan, juga bisa meningkatkan resiko bintitan pada mata. Apalagi jika Anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang sedang melemah. 

Pencegahan Bintitan pada Mata

Agar Anda tidak mudah terkena bintitan pada mata ini, salah satunya adalah dengan rutin menjaga kebersihan tangan. Sebab ketika Anda menggosok mata dengan tangan yang kotor ini, dapat memicu perpindahan bakteri kedalam area mata Anda. 

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan kacamata, ketika sedang berada dalam lingkungan yang berangin atau berdebu. Ini akan membantu melindungi mata Anda dari faktor pemicu bintitan. 

Cara Pengobatannya

Bilamana Anda terkena mata bintitan ini, sejatinya bisa dilakukan pengobatan dengan cara yang sangat sederhana. Selain bisa menggunakan obat tetes mata seperti dari Insto, Anda juga bisa mengkompres area bintitan dengan menggunakan kain yang hangat. 

Selain bisa membantu mempercepat pematangan bintitan, ini juga akan mengurangi gejala peradangan pada bintitannya itu sendiri. 

Tapi bilamana kondisi bintitan ini tak kunjung membaik, maka segera konsultasikan hal ini dengan dokter mata terdekat di kota Anda. 

Semoga bermanfaat!