Diet Sehat Agar Turun Berat Badan

0
26
turun berat badan

Semua orang pasti ingin memiliki tubuh yang ideal dan berat badan yang kecil. Salah satu cara yang sering dilakukan banyak orang untuk mendapatkannya yaitu dengan melakukan diet. Namun sayangnya tidak semua diet yang dijalankan orang-orang adalah diet yang sehat. Banyak orang ingin turun berat badan dengan cara yang salah atau diet kurang sehat. Mereka rela menahan lapar agar bisa mendapatkan tubuh sesuai impiannya. Padahal diet yang menyiksa tersebut tidak memberikan tubuh yang ideal tapi malah meningkatkan risiko beberapa penyakit.

Diet yang baik tentu saja adalah diet yang sehat dan tidak menyiksa. Siapa yang tidak ingin memiliki tubuh ideal tanpa tersiksa, semua orang pasti menginginkannya. Bagi Anda yang ingin menerapkan diet sehat, berikut ini hal-hal yang bisa diikuti:

turun berat badan
turun berat badan

Hitung Kebutuhan Kalori

Kebutuhan kalori seseorang berbeda-beda tergantung dari usia dan kondisi kesehatannya. Sebelum merancang menu diet, ada baiknya Anda menghitung kebutuhan kalori terlebih dahulu. Setiap orang harus memenuhi kebutuhan kalori agar bisa menjalankan fungsi tubuh dengan baik. Jadi jangan sepelekan hal ini saat Anda sedang menjalankan diet.

Atur Porsi Makan

Hal penting selanjutnya mengenai diet sehat yaitu mengatur porsi makan. Jadi Anda tidak perlu menghindari makanan, namun harus mengatur porsinya. Piring Anda harus terdiri dari empat bagian yaitu daging dan protein, karbohidrat, serta sayuran. Meskipun begitu, sebaiknya hindari makanan tinggi gula dan berlemak saat menjalankan diet.

Buat Jadwal Makan yang Teratur

Beberapa orang beranggapan jika melewatkan waktu makan bisa membuat turun berat badan. Padahal yang terjadi malah sebaliknya. Melewatkan waktu makan bisa membuat seseorang cepat merasa lapar, stres, dan gula darah naik turun secara drastis. Kunci pentingnya Anda tetap harus menghindari makanan tinggi kalori dan lemak.

Makan Pelan-Pelan Saja

Makan pelan-pelan juga termasuk dalam salah satu cara diet sehat. Hal tersebut lantaran makan secara perlahan bisa membuat Anda kenyang lebih cepat sehingga tidak terlalu banyak makan. Sebaliknya, makan terlalu cepat membuat tubuh ingin terus makan karena perut merasa belum puas.

Makan Hingga Merasa Tidak Lapar

Anda harus berhenti makan setelah tidak merasa lapar. Tujuannya yaitu agar kelebihan energi di tubuh tidak berubah menjadi lemak. Apabila energi disimpan menjadi lemak, maka berat badan Anda pun akan naik lagi. Meskipun awalnya sulit, namun lama-kelamaan Anda akan terbiasa.

Tidur yang Cukup

Bukan hanya pola makan saja yang harus diperhatikan, waktu tidur dan istirahat juga harus Anda perhatikan. Pastikan Anda mendapatkan waktu tidur yang cukup, terutama di malam hari. Pasalnya kekurangan tidur bisa meningkatkan produksi hormon ghrelin yaitu hormon yang merangsang nafsu makan.

Berolahraga

Olahraga tentu saja menjadi bagian terpenting dalam diet sehat. Lakukan olahraga secara rutin agar berat badan turun secara optimal. Selain itu, olahraga yang rutin juga bisa membakar kalori yang telah dikonsumsi sebelumnya. Bukan hanya untuk berat badan ideal saja, olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Itulah diet sehat agar turun berat badan sehingga Anda mendapatkan berat badan yang ideal. Kunci utama dalam diet adalah pola makan yang tepat. Jika tidak berhasil dengan cara sendiri, Anda bisa berkonsultasi dengan ahli gizi di aplikasi SIRKA. SIRKA sendiri adalah aplikasi mobile yang membantu menjawab permasalah mengenai berat badan. Akan banyak ahli gizi yang bisa membantu Anda menentukan resep makanan yang tepat untuk diet. Aplikasi SIRKA bisa didownload melalui App Gallery maupun Playstore. Informasi lainnya bisa Anda lihat pada website www.sirka.io