Cara Optimalkan Tahapan Tumbuh Kembang Anak

0
18
tahapan tumbuh kembang anak

Pertumbuhan dan perkembangan merupakan dua tahapan penting yang harus dipantau oleh orang tua. Mam dan Pap perlu mengukur tumbuh kembang anak untuk memberikan dukungan yang tepat. Pertumbuhan berhubungan dengan penambahan fisik yang bersifat kuantitatif dan bisa diukur misalnya seperti tinggi badan dan berat badan. Sedangkan perkembangan adalah perubahan yang mengacu pada hal biologis seperti kemampuan sosial, emosional, motorik, bahasa, dan lain sebagainya. Meskipun begitu, Anda tetap bisa mengoptimalkan tahapan tumbuh kembang anak dengan cara berikut ini:

  1. Berikan Stimulasi yang Tepat
tahapan tumbuh kembang anak
tahapan tumbuh kembang anak

Anak usia di bawah 5 tahun biasanya sangat suka bereksplorasi. Dukung eksplorasi si Kecil dengan memberikan stimulasi yang tepat. Namun pemberian stimulasi ini harus disesuaikan dengan tahapan usia si Kecil. Pasalnya setiap tahapan usia anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda. Stimulasi bisa berupa permainan ataupun mainan edukatif.

  1. Penuhi Kebutuhan Gizi dan Nutrisi

Cara optimalkan tahapan tumbuh kembang anak selanjutnya yaitu dengan memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya. Anda bisa memenuhinya melalui makanan-makanan bergizi yang mengandung nutrisi penting untuk anak. Beberapa asupan nutrisi yang harus dipenuhi yaitu lemak, karbohidrat, protein, asam lemak, kalsium, vitamin A, vitamin C, dan serat.

  1. Berikan Lingkungan yang Aman dan Nyaman

Lingkungan juga menjadi salah satu faktor yang mempengaruhi tumbuh kembang anak. Berikan lingkungan baik, aman, dan nyaman pada si Kecil. Pastikan mereka memiliki hubungan yang positif dengan orang terdekat, termasuk teman sebaya. 

  1. Luangkan Waktu

Orang tua adalah orang terdekat bagi anak-anak. Sebagai orang tua, Mam dan Pap perlu melakukan interaksi secara intensif dengan si Kecil. Interaksi sederhana yang dilakukan bisa membangun kepercayaan diri dan belajar meningkatkan kemampuan berkomunikasi, bersosialisasi, serta pemecahan masalah.

Itulah cara mengoptimalkan tahapan tumbuh kembang anak yang bisa Anda lakukan. Anda bisa melengkapi kebutuhan nutrisi harian si Kecil dari makanan dengan memberikan susu pertumbuhan. Wyeth Nutrition hadir untuk anak usia 1 tahun ke atas. Tahapan yang dihadirkan yaitu S-26 Procal GOLD untuk anak usia 1-3 tahun. Sedangkan anak usia 3 tahun ke atas yaitu tahapan S26 Promise GOLD. Selengkapnya mengenai produk Wyeth Nutrition bisa Anda lihat di websitenya yaitu wyethnutrition.co.id.