Cara Merawat Anjing Agar Tetap Sehat dan Aktif

0
28
cara merawat anjing
cara merawat anjing

Salah satu bukti kasih sayang dari majikan pada hewan peliharaan adalah selalu memberikan yang terbaik untuk mereka. Karena dengan memberikan yang terbaik, maka kesehatan dan kebersihannya pun tentu akan terjaga. Nah, bagi Anda yang memiliki anjing, berikut ini beberapa cara merawat anjing agar mereka tetap sehat dan aktif. 

Perhatikan Kebersihan Mulut dan Gigi

Memperhatikan kesehatan mulut dan gigi merupakan salah satu hal yang sering luput dari perhatian beberapa pemilik anjing. Padahal jika tidak diperhatikan dengan tepat, anjing dapat mengalami beberapa gangguan mulut, seperti gusi berdarah dan nafas yang tidak sedap.

Untuk itu, langkah pertama yang bisa Anda dilakukan yaitu menyikat gigi mereka secara rutin dengan sikat gigi dan pasta gigi khusus anjing.

Membersihkan Telinga

Selain menjaga kebersihan mulut dan gigi, kebersihan telinga juga tidak boleh luput dari perhatian. Jangan sampai telinga anjing kotor. Karena hal tersebut bisa menimbulkan beberapa gangguan seperti bau yang tidak sedap atau bahkan penyakit lainnya.

cara merawat anjng

Untuk itu pastikan Anda membersihkan telinga mereka dengan menggunakan alat pembersih khusus yang bisa didapatkan di petshop. Hindari penggunaan cotton bud, karena dikhawatirkan akan merusak telinga.

Perhatikan Mata, Bulu dan Tingkat Keaktifan

Perlu Anda ketahui, anjing yang sehat dapat diidentifikasi dari mata, bulu juga keaktifannya, lho! Anjing yang sehat memiliki mata yang terlihat cerah, bulu yang berkilau serta aktif beraktivitas. Jika anjing peliharaan Anda dirasa tidak sehat, Anda bisa perhatikan tiga aspek tersebut dan segera membawanya ke dokter hewan untuk penanganan lebih lanjut.

Ajak Bermain dan Beraktivitas Bersama

Agar anjing tetap sehat dan terhindar dari stress, Anda bisa mengajaknya lebih sering bermain dan beraktivitas bersama. Selain itu, dengan melakukan hal tersebut juga bisa membangun kemistri antara Anda dan hewan peliharaan Anda

Perhatikan asupan nutrisi

Agar mereka tetap sehat meskipun banyak beraktivitas, maka Anda sebaiknya memenuhi kebutuhan nutrisinya. Untuk hal ini, Anda bisa memberikan mereka makanan khusus anjing yang mengandung nutrisi lengkap, seperti Royal Canin yang diformulasikan untuk mencukupi nutrisi anjing agar mereka tetap terjaga kesehatannya dan membantu mencegah berbagai jenis penyakit.

Nah, Itulah beberapa cara mudah dalam merawat anjing agar kesehatannya terjaga dan juga tetap aktif. Semoga informasi di atas dapat membantu, ya!