Cara Menjaga Berat Ideal Kucing yang Terlalu Overweight

0
20
berat ideal kucing
berat ideal kucing

Seperti halnya manusia, kucing juga sejatinya harus dijaga berat badannya agar masih dalam kategori berat ideal kucing yang aman.  Sebab kalau kucing mengalami berat badan yang berlebihan, maka akan terkena resiko gangguan kesehatan yang cukup serius, seperti diantaranya terkena penyakit diabetes, radang sendi, dan lain sebagainya. 

Untuk mengetahui berat ideal kucing ini sendiri, sejatinya bisa dilihat dari berdasarkan umurnya. Lebih lengkapnya, bisa Anda simak pemaparannya dibawah ini. 

  1. Umur 0-6 minggu idealnya memiliki berat badan kurang dari 0,35 kg.
  2. Kucing berumur 6-7 minggu idealnya memiliki berat badan sekitar 0,35 – 0,7 kg. 
  3. Umur 7-8 minggu, berat badan idealnya sebesar 0,4 – 0,9 kg.
  4. Umur 3 bulanan sekitar 1 – 1,5 kg.
  5. Kucing remaja sekitar 1,5-3,5 kg.
  6. Kucing dewasa berat badan idealnya sebesar 3,5 – 5,5 kg. 

Cara Menjaga Berat Ideal Bagi Kucing

Untuk menjaga berat ideal kucing, sejatinya bisa Anda lakukan berbagai cara yang bisa disimak sebagai berikut: 

  • Mengganti Jenis Makanan 

Cara pertama untuk menjaga berat ideal bagi kucing bisa dimulai dengan cara mengganti jenis makanan kering dengan makanan kaleng. Karena sejatinya makanan kaleng ini lebih memiliki kandungan protein dan sedikit karbohidrat. 

Hal tersebut bisa Anda lakukan sebaliknya dengan memberikan produk makanan kucing dari Royal Canin, bila kucing peliharaan dirumah memiliki berat badan yang kurang ideal. 

berat ideal kucing
  • Mengurangi Camilan

Agar berat kucing tidak terus naik, maka Anda bisa mengganti hadiah berupa camilan dengan waktu bermain tambahan dengan Anda selagi dirumah. 

Karena dengan demikian, secara tidak langsung akan sedikit memperlambat pola makannya agar tidak terlalu berlebihan. Dan juga membuat kucing dengan senantiasa terus bergerak akan membuat tubuhnya menjadi lebih sehat.

  • Berkonsultasi Ke Dokter Hewan

Sebelum Anda mau menerapkan pola diet kepada kucing kesayangan, maka ada baiknya dulu untuk berkonsultasi dulu kepada dokter hewan terdekat. 

Karena dengan demikian, kucing Anda nantinya akan mendapatkan pemeriksaan fisik agar bisa dipastikan tidak akan ada efek samping yang menimpa kucing selagi diet.

Semoga bermanfaat!