Banyak Manfaat Pada Hand Held Metal Detector Untuk Pekerjaan

0
23
Hand Held Metal Detector
Hand Held Metal Detector

Detektor logam yang dapat memberikan keamanan dan dapat berfungsi sebagai alat yang bisa digunakan untuk mendeteksi emas dan logam lain, sekarang banyak digunakan sebagai pemeriksaan di bandara, sekolah, penjara, perusahaan, ataupun yang lainnya. Hand held metal detector juga sering dikenal dengan tongkat deteksi yang sering digunakan oleh para penjaga keamanan. Perangkat genggam ini digunakan untuk penyaringan yang terfokus ketika alarm detector dipicu oleh sesuatu yang mencurigakan.

Cara Kerja Hand Held Metal Detector

Tongkat detektor logam genggam memiliki dua komponen utama, yakni koil pemancar yang menciptakan medan elektromagnetik dan koil penerima yang mendeteksi elektromagnetisme. 

Medan elektromagnetik dihasilkan di sekitar koil pemancar yang memanjang sekitar 20 cm dari tingkat keamanan. Ketika tongkat melewati subjek, maka apabila terdapat objek logam jatuh ke dalam medan elektromagnetik yang dihasilkan, medan elektromagnetik akan lebih lanjut menginduksi di sekitar objek logam yang tersembunyi. Medan elektromagnetik yang baru ini akan dideteksi oleh koil penerima yang akan memicu peringatan bagi operator.

Alat genggam ini yang memiliki kualitas tinggi menawarkan berbagai indikator alarm yang termasuk di dalamnya ada LED visual, alarm suara yang dapat dipilih, dan juga getaran. Alat ini dirancang secara ergonomis dan dengan baterai yang mampu menyala dalam waktu yang lama.

Hand Held Metal Detector

Manfaat dan Kelebihan

Alat ini sangat terjangkau sehingga semakin banyak digunakan di berbagai tempat untuk meningkatkan situs keamanan. Selain itu, alat ini juga memiliki manfaat yang besar dan fungsi yang cukup praktis.

Saat menggunakan alat ini, penting hal nya untuk dipahami bahwasannya alat itu adalah detector material, yang berarti bahwa mereka tidak akan menyembunyikan alarm jika tidak ada benda di dalamnya. Cara pengoperasian nya yaitu operator harus menggerakan pemindai di atas benda logam agar dapat di deteksi.

Detektor Logam Terbaik

Minelab menawarkan pilihan detector dengan logam genggam terbaik. Dengan minelab Anda dapat menemukan banyak hal tersembunyi dan berharga yang berada di bawah tanah. Minelab juga dapat digunakan baik pencari harta karun secara kausal maupun pencari benda profesional, seperti hal nya yang bertugas di kepolisian atau satuan keamanan.

Bagian atau Rangkaian Penting Pada Metal Detector

Rangkaian atau bagian-bagian metal detector adalah perangkat penting yang berfungsi untuk mengidentifikasi keberadaan suatu benda yang terbuat dari logam. 

Oscillator

Rangkaian metal detector ini menggunakan 2 buah osilator. Yang pertama menggunakan frekuensi 5,5 MHz ceramic liter dan transistor T1, serta yang kedua menggunakan frekuensi yang ditentukan oleh induktor L1 dan kapasitor variabel VC1 serta transistor T3. Induktor L1 yang berada pada osilator kedua ini, memiliki fungsi sebagai sensor logam, yang mana gelombang elektromagnetik pada L1 akan terpengaruh dengan adanya logok yang berada di sekitar L1 tersebut. Saat terpengaruh, maka frekuensi kerja osilator T3 akan berubah.

Mixer 

Pada bagian ini memiliki fungsi untuk mencampur kedua frekuensi yang dihasilkan oleh kedua oscillator. Bagian ini dibuat dengan menggunakan transistor T2.

Detector

Rangkaian detektor ini berfungsi untuk memisahkan sinyal dari modulasi sinyal output osilator T1 dan sinyal output osilator T3. Rangkaian detektor ini biasanya akan mengambil isyarat dari osilator T3 sebagai tanda sinyal yang memberikan informasi dan juga membangun isyarat baru dari osilator T1. Bagian detector ini juga dibangun dengan menggunakan dioda detector OA 79.

Penguat Audio

Bagian selanjutnya yang memiliki untuk menguatkan sinyal dari detektor untuk menggerakan sebuah loudspeaker kecil sebagai indikator yang mendeteksi keberadaan logam di sekitar sensor. Komponen utama dari bagian penguat audio ini adalah IC TDA2822 yang dioperasikan dengan tegangan DC 9V dari sebuah baterai. Suara yang dihasilkan pun akan berubah pada saat rangkaian mendeteksi adanya logam.