Media sosial menjadi platform yang paling banyak digunakan oleh pengguna internet, khususnya pengguna internet Indonesia. Oleh karena itu, media sosial bisa menjadi tempat pemasaran digital yang tepat bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia. Banyak ahli yang mengungkapkan jika melakukan pemasaran di media sosial lebih efektif dibandingkan platform lainnya. Anda yang ingin menggunakan media sosial untuk pemasaran secara efektif bisa memanfaatkan jasa social media agency.
Sesuai namanya, agensi tersebut memiliki peran yang berhubungan dengan sosial media. Berbagai layanan dihadirkan mulai dari publishing, audit, analisis kompetitor, dan masih banyak yang lainnya. Lebih jelasnya, berikut ini beberapa tugas dari agensi media sosial yang perlu Anda ketahui:
Menguatkan Brand Persona
Branding menjadi salah satu kunci sukses dari pemasaran. Sebelum melakukan pemasaran secara menyeluruh, perusahaan harus melakukan branding terlebih dahulu. Karena saat ini telah memasuki era digital, maka branding yang paling efektif adalah digital branding.
Digital branding dianggap lebih baik dalam menyampaikan pesan mengenai produk atau jasa yang perusahaan Anda tawarkan. Agensi ini akan membantu menguatkan brand Anda melalui beberapa platform seperti aplikasi, website, media sosial, dan lain sebagainya.
Melakukan Strategi Pemasaran di Media Sosial
Tugas social media agency tentu saja melakukan pemasaran melalui platform media sosial. Berhubung media sosial menjadi platform yang paling sering digunakan oleh masyarakat Indonesia. Maka pemasaran melalui media sosial ini sangat penting untuk dilakukan.
Cara menerapkan pemasaran di media sosial biasanya melalui konten kreatif dan interaktif. Pengguna media sosial biasanya akan lebih tertarik dengan penggunaan konten berupa gambar ataupun video.
Audit Media Sosial
Audit media sosial dibutuhkan sebelum melakukan strategi pemasaran melalui media sosial. Melalui audit media sosial, agensi bisa mengetahui area yang harus difokuskan. Jadi pemasaran yang dilakukan bisa lebih efektif dan efisien.
Audit media sosial dilakukan dengan cara mempelajari kompetitor hingga merumuskan strategi. Melalui audit media sosial, Anda bisa mengetahui kekuatan dan juga kelemahan bisnis.
Audit media sosial ini juga akan berhubungan dengan engagements, followers, reach and impression, low performing post, high performing post, serta analisa tipe konten yang sesuai.
Social Customer Report
Pengalaman konsumen dalam berbelanja juga harus menjadi tujuan Anda dalam berbisnis. Apabila konsumen memiliki pengalaman yang baik, maka mereka akan merekomendasikan perusahaan Anda. Social customer report menjadi jasa yang akan sangat membantu Anda meningkatkan reputasi di mata konsumen.
Namun tidak semua perusahaan memahami bagaimana cara maintain pelanggan dengan baik. Oleh sebab itu, dibutuhkan jasa agensi media sosial yang berpengalaman. Mereka akan membantu Anda menciptakan pengalaman konsumen yang baik sehingga mereka mau kembali dan merekomendasikan barang atau jasa Anda.
Membuat Profil Media Sosial
Ada banyak platform media sosial yang biasa digunakan untuk mempromosikan bisnis seperti Instagram, Facebook, dan lain sebagainya. Setiap platform tersebut ternyata memiliki proses kerja yang berbeda-beda. Tidak semua bisnis bisa optimal pada platform yang sama.
Sebagai contoh platform Instagram biasanya lebih cocok untuk brand fashion, kecantikan, make up, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan penampilan. Untuk mengetahui profil media sosial yang tepat, dibutuhkan agensi yang berpengalaman.
Itulah tugas-tugas yang akan dijalankan oleh social media agency. Meskipun tampak sederhana namun tugas-tugas tersebut akan efektif jika dilakukan oleh ahlinya. Anda bisa memilih IDEOWORKS.ID sebagai agensi yang membantu segala hal yang berhubungan dengan media sosial. Sebelum memilih jasa, Anda bisa berkonsultasi terlebih dahulu dengan tim. Selengkapnya mengenai IDEOWORKS.ID bisa langsung Anda lihat di website www.ideoworks.id.