4 Bentuk Tumbuh Kembang Anak 1 Tahun yang Jarang Disadari

0
141
tumbuh kembang anak 1 tahun
tumbuh kembang anak 1 tahun

Para orang tua selalu memberikan pengawasan penuh kepada Si Kecil karena tidak ingin melewatkan setiap pertumbuhan dan perkembangan mereka. Di usia 1 tahun, anak-anak mengalami banyak sekali perkembangan, terutama dalam hal kemampuan dasar. Tumbuh kembang anak 1 tahun terjadi mulai dari aspek pertumbuhan fisik, perkembangan kemampuan sosial emosional, motorik, kognitif, dan lain sebagainya. Namun ternyata ada beberapa bentuk tumbuh kembang anak yang jarang disadari para orang tua. Apa saja? Berikut di antaranya:

Sangat Suka Bercanda

Sadar atau tidak, anak usia 1 tahun sangat suka bercanda dengan orang lain, entah itu Ayah atau Bunda. Apalagi di usia 15 hingga 18 bulan anak biasanya sudah memiliki kosa kata yang cukup banyak. Anda memang membutuhkan perhatian untuk menanggapi candaannya.

Mengulurkan Tangan dan Kaki Saat Mengenakan Pakaian

Anak usia 1 tahun memang masih belum mampu menggunakan pakaian sendiri. Oleh sebab itu, Anda pasti masih membantu mereka memakaikannya. Pada saat memakaikan pakaian, mereka sudah mulai sadar apa yang harus dilakukan. Jadi mereka akan mengulurkan tangan dan kaki agar Anda mudah mengenakan pakaian pada anak.

tumbuh kembang anak 1 tahun

Mengulang Perkataan atau Tindakan Orang Lain

Bentuk tumbuh kembang anak 1 tahun yang jarang disadari selanjutnya adalah mengulang perkataan atau tindakan dari orang lain. Kebiasaan ini sebenarnya menjadi bukti bahwa kemampuan kognitif Si Kecil berkembang dengan baik. Jadilah role model atau teladan agar semua yang mereka tiru adalah hal yang baik.

Malu atau Gugup Ketika Bertemu Orang Asing

Anda tidak perlu khawatir jika Si Kecil masih malu atau gugup saat bertemu dengan orang yang baru pertama kali dilihat. Pasalnya hal tersebut sangat wajar terjadi pada anak usia 1 tahun. Banyak reaksi yang ditunjukan misalnya seperti memeluk Bunda, menangis, dan lain-lain.

Itulah empat bentuk tumbuh kembang anak 1 tahun yang jarang diketahui. Apabila Si Kecil dalam masa-masa di atas, maka pertumbuhan dan perkembangan mereka berjalan dengan baik. Anda juga perlu mengoptimalkan tumbuh kembangnya dengan nutrisi dan stimulasi. Stimulasi bisa berupa mainan edukatif yang bisa merangsang tumbuh kembang. Sementara nutrisi berupa makanan sehat yang dilengkapi susu Dancow 1+ Nutritods. Yaitu susu yang memiliki kandungan sesuai usia anak 1 tahun.