Tumbuh Gigi Pada Bayi Yang Harus Diperhatikan Oleh Bunda

0
61

Usia saat tumbuh gigi pada bayi pertama kalinya bisa berbeda antara satu anak dengan yang lainya, akan tetapi biasanya bayi mulai tumbuh gigi diusia kurang lebih 6 bulan. Pada umumnya yang pertama kali tumbuh yaitu dua gigi depan bagian bawah, lalu dua gigi depan bagian atas. Beberapa bayi yang tumbuh gigi akan memberikan berbagai tanda misalnya saja yaitu suka mengunyah atau menggigit benda keras, mengeluarkan air liur dan juga munculnya rasa sakit serta gatal pada bagian gusi. Ada juga beberapa orang tua yang beranggapan bahwa tumbuh gigi pada bayi bisa menimbulkan demam tinggi dan juga diare.

Realitanya menurut para ahli, demam tinggi dan diare tidak ada hubungannya dengan proses tumbuhnya gigi si kecil. Para ahli juga tidak menemukan hubungan antara tumbuhnya gigi si kecil dengan infeksi atau virus, hidung tersumbat, dan gangguan pencernaan. Beberapa kondisi yang bisa terjadi seiring dengan tumbuh gigi , misalnya saja seperti gampang menangis, tidur tidak nyeyak, dan berkurangnya nafsu untuk makan. Dengan kondisi tersebut maka Anda harus melakukan cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Dua Tanda Tumbuh Gigi Pada Bayi Untuk Pertama Kalinya

Mengikuti perkembangan bayi memang membuat semua orang tua merasa senang. Apalagi saat bayi sehat dan mempunyai perkembangan organ bayi yang cukup baik. Bayi yang sehat juga dapat mengalami kemajuan sangat baik termasuk saat bayi mulai tengkurap, duduk, merangkak sampai akhirnya berjalan dengan kaki mereka sendiri. Lalu bagian pertumbuhan bayi lain yang tidak bisa dilupakan yaitu tanda tumbuh gigi si kecil, diantaranya adalah;

1. Adanya bekas gigi muncul dari gusi
Bagian rahang dalam mulut bayi biasanya masih sangat halus dana lembut, walaupun ini terlihat keras seperti halnya orang dewasa. Saat bayi akan tumbuh gigi maka akan ada bekas seperti tempat gigi yang nampak dari gusi. Pada umumya gigi pertama yang akan tumbuh yaitu dua gigi depan baik itu atas maupun bawah. Beberapa bayi dapat mengalami pertumbuhan gigi yang hampir bersamaan namun ada juga yang tidak. Apabila Anda melihat seperti bekas gigi yang nampak dari gusi maka jangan menekannya, sebab ini dapat menyakitkan bayi.

2.Mengeluarkan air liur cukup banyak
Selama ini saat bayi mengeluarkan banyak air liur maka masih dianggap sebagai hal yang kuraang tepat. Banyak orang beranggapan bahwa ibu saat hamil bayi itu mengalami ngidam benda tertentu atau hamil namun tidak mual serta tidak merasakan a ngidam. Akan tetapi ini merupakan anggapan yang salah sebab saat bayi mengeluarkan banyak air liur maka ini pertanda bahwa bayi akan tumbuh gigi.

Cara Mengatasi Sakit Gusi karena Tumbuh Gigi Pada Bayi

Ada beberapa cara untuk mengatasi rasa sakit yang dirasakan si kecil di bagian gusi saat tumbuh gigi terjadi, berikut ini akan saya sampaikan;

-Pertama yaitu menggosok dengan lembut gusi bayi Anda menggunakan jari yang bersih atau bisa juga menggunakan kain kasa yang lembut. Jangan menggunakan tisu sebab kertas tisu gampang hancur dan beresiko termakan oleh bayi Anda. Tekanan dari jari Anda bisa meredakan gatal dan ketidaknyamanan pada gusi si kecil.

-Kedua yaitu berikan si kecil makanan keras. Apabila bayi Anda sudah mendapatkan makanan tambahan pendamping ASI, maka Anda bisa memberikan makanan bertekstur keras misalnya saja yaitu wortel atau mentimun mentah yang telah dikupas. Anda harus memastikan untuk tidak memberikan potongan yang cukup besar guna menghindari resiko tersedak.

-Ketiga yaitu memberikan teether dingin atau bisa juga dengan kain kasa dingin pada gusi. Sebab hal tersebut bisa meredakan sakit yang dirasakan bayi Anda. Simpan teether selama kurang lebih 20 menit dibagian cooler lemari es, setelah itu berikan pada bayi Anda untuk digigit. Saat tumbuh gigi pada bayi Anda juga harus memastikan pula untuk tidak memberikan teether terlalu dingin atau beku.

Leave a Reply