Tips Merawat Perhiasan Berlian Asli Agar Tetap Berkilau

0
114
Perhiasan Berlian Asli
Perhiasan Berlian Asli

Berlian memiliki nilai yang tinggi karena kilaunya yang begitu indah. Namun, kilau tersebut hanya bisa didapatkan pada jenis berlian asli. Namun, terkadang kilau pada sebuah berlian dapat tertutup. Itulah kenapa, perhiasan berlian asli wajib dirawat agar kilaunya tetap bertahan.

Ada cukup banyak cara yang bisa Anda lakukan. Nah, berikut akan kami jelaskan cara-caranya kepada Anda.

1.      Gunakan Perhiasan Setelah Mengaplikasikan Lotion dan Parfum

Salah satu zat yang bisa menutupi kilau berlian adalah zat kimia. Zat kimia yang terdapat pada lotion, parfum, dan lainnya, bisa menutupi kilaunya. Itulah kenapa, Anda harus menghindari zat kimia tersebut agar jangan mengenai perhiasan yang biasa Anda gunakan.

Cara menghindarinya cukup mudah. Silahkan Anda gunakan parfum, atau lotion, sebelum Anda menggunakan perhiasan. Dengan begitu, perhiasan berlian Anda tidak akan terkena oleh zat-zat kimia.

Perhiasan Berlian Asli
Perhiasan Berlian Asli

2.      Jangan Digunakan Saat Melakukan Aktivitas yang Berkeringat

Sama halnya seperti zat kimia, keringat yang keluar dari tubuh kita juga dapat memengaruhi kilau dari berlian. Sebaiknya, ketika Anda melakukan aktivitas-aktivitas yang mengeluarkan keringat. Tujuannya agar berlian yang Anda gunakan tidak terkena keringat.

Lepas perhiasan Anda saat berolahraga, atau aktivitas lain yang menguras keringat. Tempatkan di wadah khusus tempat penyimpanan khusus perhiasan yang biasa Anda gunakan.

3.      Jangan Gunakan Saat Beraktivitas Berat

Menggunakan perhiasan saat melakukan aktivitas yang berat merupakan tindakan yang salah. Pasalnya, aktivitas yang berat akan mengakibatkan perhiasan Anda kusam karena keringat. Selain itu, perhiasan berpotensi rusak, dan mengalami hal-hal lain yang tidak Anda inginkan.

Aktivitas berat akan mengakibatkan materialnya rusak. Bisa juga mengakibatkan tempat mata berlian ditempatkan mengalami kendur, sehingga berpotensi melepaskan berlian dari tempatnya. Maka dari itu, simpanlah perhiasan saat Anda melakukan aktivitas-aktivitas berat.

4.      Gunakan Tempat Khusus untuk Penyimpanan

Simpanlah berlian di tempat penyimpanan khusus perhiasan. Pasalnya, tempat penyimpanan khusus tersebut terbuat dari bahan khusus sehingga akan memberikan keamanan ekstra untuk perhiasan yang Anda miliki.

Umumnya, tempat perhiasan husus terbuat dari kayu. Di bagian dalamnya akan ditempatkan sebuah kain yang sangat lembut untuk penyimpanannya. Hindari jenis tempat perhiasan berbahan besi atau bahan yang berpotensi berkarat.

Sebagai informasi, karat akan memengaruhi kualitas perhiasan Anda. Jadi, pertimbangkanlah bahan tempat perhiasan sebelum membelinya.

5.      Bersihkan Secara Rutin

Untuk membersihkan zat-zat yang menutupi kilau perhiasan Anda, bersihkanlah perhiasan tersebut secara rutin. Namun, jangan gunakan cairan pembersih konvensional. Pastikan Anda memilih jenis cairan khusus agar proses pembersihan menjadi lebih optimal.

Jika Anda tidak ahli membersihkannya, Anda bisa memercayakannya pada toko perhiasan yang juga melayani membersihkan berlian. Dengan begitu, berbagai zat yang menutupi kilaunya bisa dibersihkan secara optimal.

6.      Pilih Berlian dengan Ukuran yang Pas

Memilih ukuran yang pas adalah hal penting saat berencana membeli berlian. Pastikan Anda tidak membeli perhiasan dengan ukuran yang terlalu longgar. Tujuannya agar perhiasan yang Anda gunakan tidak lepas ketika digunakan.

Tips ini juga menjadi salah satu cara terbaik untuk merawat perhiasan. Dengan begitu, perhiasan yang dibeli tidak akan mudah hilang saat Anda gunakan.

Kesimpulan

Perhiasan berlian memiliki nilai investasi yang tinggi. Itulah kenapa, setiap pemiliknya memiliki kewajiban untuk merawatnya. Dengan begitu, berlian yang Anda miliki akan tetap terawat, dan indah ketika digunakan untuk berbagai aktivitas.

Demikian informasi seputar tips merawat perhiasan berlian asli. Semoga informasi di atas bisa membantu Anda yang saat ini memiliki perhiasan tersebut. Bagi yang berencana membelinya, Mondial Jewellery memiliki banyak koleksi perhiasan dengan desain kekinian.