Tips Mengatasi Kelelahan Ibu Hamil

0
125
Ibu Hamil
Ibu Hamil

Hamil adalah saat-saat paling membahagiakan bagi seorang wanita. Pada masa ini biasanya ibu hamil mendapatkan berbagai perhatian lebih dari keluarga dan pasangannya. Selain dari itu pada masa ini juga seorang wanita akan mengalami berbagai momen langka di dalam hidupnya.

Namun terkadang kehamilan juga membawa berbagai masalah. Salah satu masalah yang sering dikeluhkan oleh ibu hamil adalah rasa kelelahan yang kerap mendera. Bahkan untuk melakukan aktivitas bisa sehari-hari pun ibu hamil kerap merasa kelelahan.

Ibu Hamil
Ibu Hamil

Berikut adalah beberapa tips untuk mengatasinya 

1. Kurangi kegiatan

hamil memang kondisi khusus yang dialami oleh seorang wanita. Seorang ibu hamil mengalami perubahan fisik secara drastis. Karena di dalam tubuhnya berkembang bayi yang harus ia bawa kemana-mana. Oleh karenanya wajar jika ia mengalami kelelahan. Maka untuk mensiasatinya adalah kurangi kegiatan atau aktivitas terutama aktivitas fisik.

2. Pastikan tidur siang

jika Anda tidak bisa tidur siang, maka ketika hamil pastikan Anda tidur siang. Karena dengan tidur siang badan Anda akan beristirahat sejenak dari aktivitas dan rutinitas yang sedang dijalankan. Tidak perlu lama, cukup tiga puluh menit saja dapat membuat tubuh Anda menjadi lebih segar.

3. pastikan Istirahat cukup 

berbagai perubahan dalam tubuh membuat ibu hamil mengalami berbagai hal. Mulai dari mual, muntah, berat badan bertambah hingga emosi yang tidak terkendali. Oleh karenanya istirahat yang cukup sangat dianjurkan untuk ibu hamil. Lakukanlah istirahat di setiap kesempatan yang Anda miliki.

4. Hindari stres

stress adalah setelah satu faktor yang mengancam kesehatan kehamilan. Selain dapat membuat tubuh ibu menjadi tidak sehat, stress juga dapat mengganggu pertumbuhan bayi dalam kandungan Anda. Oleh karenanya pastikan Anda tidak stress selama proses kehamilan. Selalu berfikir positif adalah cara jitu menghindari stress

Dengan melakukan beberapa hal tersebut, maka ibu hamil dapat terhindar dari rasa kelelahan. Selain dari itu lakukan pemeriksaan secara rutin ke bidan Sela kesayangan Anda, untuk membantu memantau kesehatan kehamilan Anda.